Cerita Kades Pipit Sulap Sungai Jadi Wisata Tempoe Doeloe, Bayar Makan dan Minum Pakai Koin Bathok Kelapa

oleh -Dibaca 3,309 kali

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Kepala Desa (Kades) Karanganyar Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan Pipit Handoko berhasil menyulap sungai bebatuan di desanya menjadi tempat wisata yang indah dan sejuk.

Selain itu, airnya sangat jernih dan bisa untuk memanjakan anak bermain air yang jernih.Tempat wisata dibantaran sungai diberi nama Kali Klepu. Selain itu, di sekitar wisata, Anda bisa memanjakan diri dengan makanan dan minuman ala Desa yang di panen dari wilayah setempat.

Saat di temui awak media, Pipit Handoko Kepala Desa Karanganyar yang sudah menduduki 3 periode ini mengatakan, untuk ide awalnya dari dirinya sendiri, lalu pihaknya mengumpulkan para perangkat Desa dan warga yang bertujuan untuk berdiskusi mewujudkan sungai Klepu menjadi aset wisata Desa.  

“Setelah melalui rapat bersama, maka semua setuju kita mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes ). Untuk anggaran awalnya berkisar Rp 60 juta, di Tahun 2020 dan itu diambilkan dari Dana Desa (DD), lalu di tahun 2021 kami mengeluarkan anggaran bersikisar Rp 150 juta sedangkan lain-lainnya dari swadaya masyarakat, seperti halnya akses jalan dan penataan bebatuan,” kata Pipit, Minggu (27/2/2022 ).

Masih menurutnya, saat ini untuk pembangunannya baru mencapai tahap 50 persen. Dengan adanya Wisata Kali Klepu ini, Desa Karanganyar ini bisa ada Pendapatan Asli Desa dan masyarakat sekitar bisa berjualan dari hasil pertaniannya.

“Di dalam Wisata Kali Klepu ini memang kami ciptakan bernuansa Pedesaan, makanan dan sayur-sayuran pun juga dari hasil panen warga sekitar. Terwujudnya Wisata ini atas dorongan dari masyarakat dan didukung para tokoh masyarakat Desa Karanganyar,” jelasnya.

Kades Pipit menambahkan, untuk pengembangan Wisata di Kali Klepu ini akan terus dikembangkan, karena sungainya sangat aman jika hujan deras dan tidak benjir seperti sungai lainnya. Airnya pun terus mengalir jernih dan aman untuk para pengunjung.

“Kedepannya untuk area parkir, jembatan permanen dan penataan bangunan lainnya sudah masuk dalam perencanaan kedepannya. Tak hanya itu saja, pihak management juga sudah menyiapkan hiburan gamelan Jawa dengan sindennya, agar pengunjung bisa menikmati dan mengenang budaya Jawa,” ulas Kades.

Pipit juga berharap bagi para pengunjung untuk bisa menjaga kebersihan.

“Di area lokasi sudah kami disediakan tempat sampah dan kami juga sudah menyiapkan masker sesuai protokol kesehatan untuk para pengunjung,” pungkas Kades.

Perlu diketahui, Wisata Kali Klepu yang berjarak sekitar 8 Kilometer dari kota Pacitan, dan lokasinya tak jauh dari Jalur Lintas Selatan Kebonagung. Di area Wisata terlihat sangat unik, bagaikan suasana tempoe Doeloe. Jika anda ingin memanjakan anak bermain air silahkan datang dan nikmati suasannya.

Pada kesempatan itu,  Surtini (47) pengunjung asal Desa Bangunsari Kabupaten Pacitan menyampaikan, Wisata Kali Klepu ini memang sangat unik dari yang lainnya.

“Untuk tiket masuknya pun sangat murah hanya dengan uang Rp5 ribu per orang kami sudah bisa menikmati suasana pedesaan yang unik.

“Yang lebih unik lagi, pembayaran makanan dan minuman serta belanja sayuran di area wisata tersebut memakai uang koin terbuat dari bathok dengan nominal Rp2 ribu per koin. Bahkan para penjualnya pun memakai kostum baju lurik Jawa, seperti kita kembali jaman dahulu Tahun 1945,”pungkasnya. (Lc)

Video Menikmati Wisata Kuliner Tempo Dulu Bonus Pemandangan Indah di Kali Klepu Karanganyar Kebonagung

No More Posts Available.

No more pages to load.