Tak Hanya Padamkan Api, Begini Aksi Damkar Pacitan Evakuasi Biawak Hingga Sarang Tawon

oleh -Dibaca 3,475 kali
EVAKUASI BIAWAK. Tim Damkar Pacitan saat berhasil mengevakuasi biawak pada Minggu (6/2/2022) di Pacitan. (Foto: Instagram Damkar Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Keberadaan tim Pemadam Kebakaran (Damkar) rupanya tak hanya saat terjadi peristiwa kebakaran saja. Sejumlah kejadian kedaruratan yang dialami warga berhasil dibantu oleh tim Damkar Pacitan.

Setidaknya dalam waktu sepekan belakangan, Damkar Pacitan berhasil melakukan sejumlah evakuasi kejadian, seperti evakuasi biawak hingga sarang tawon yang berada di rumah warga.

Mengutip laman Instagram @Damkarpacitan, pada Minggu (6/2/2022), bidang Damkar berhasil mengevakuasi binatang biawak yang masuk ke rumah Ardiana, warga RT/RW 02/I Dusun Ngemplak, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan.

Menurut keterangan saksi, Ardiana, seekor biawak dengan Panjang sekitar 1 meter masuk kedalam rumah.

“Selanjutnya saksi melapor ke Damkar Pacitan, untuk proses evakuasi, setelah mendapat laporan, tim Rescue Damkar menindaklanjuti laporan menuju ke lokasi dan evakuasi biawak dengan aman dan selamat,”demikian kata admin @damkarpacitan dalam unggahannya di instagram.

Tak hanya biawak yang berhasil dievakuasi tim Damkar, selama empat hari berturut-turut juga berhasil mengevakuasi sarang tawon yang masuk ke kawasan rumah warga.

Pada Selasa (8/2/2022), Damkar kembali melakukan evakuasi sarang tawon yang masuk ke rumah warga, yakni KH Sodiq Sujak di RT/RW 01/VI lingkungan Peden, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Menurut keterangan saksi, KH Sodiq Sujak, sarang tawon yang berada di atap rumah dan menganggu aktivitas pemilik rumah.

“Serta khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan, selanjutnya saksi melapor ke Mako Damkar 113 Pacitan untuk proses evakuasi,”demikian penjelasan admin damkarpacitan.

Sehari berselang, tim Damkar Pacitan kembali mengevakuasi sarang tawon yang masuk ke rumah warga, yakni Kasil, warga RT/RW 01/II Dusun Kulak Lor, Desa Tremas, kecamatan Arjosari.

Setelah mendapatkan laporan saksi, yakni Moh Andi Pratama, tim rescue damkar menyiapkan peralatan serta personil, kemudian meluncur ke lokasi dan mengevakuasi sarang tawon tersebut dengan aman dan selamat.

Pada hari Kamis, Damkar juga melakukan evakuasi sarang tawon di rumah Slamet, warga RT/RW 03/I Dusun Kasab, Desa Wiyoro Kecamatan Ngadirojo. Dan terakhir Jumat (11/2/2022) malam, tim Damkar kembali turun lapangan mengevakuasi sarang tawon yang masuk ke rumah Dwianato Sunar, warga RT/RW 01/I Dusun Krajan Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari.