Selamat, Pemkab Pacitan Peroleh Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

oleh -0 Dilihat
Penghargaan KUR 2021 diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. (Foto: Dok. Instagram Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang perekonomian RI. Pacitan masuk sebagai salah satu stakeholder pendukung pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2021.

Tak tanggung-tanggung, Pacitan meraih penghargaan Pemerintah Kabupaten/Kota wilayah Jawa Terbaik Tahun 2021 dalam penyalur KUR di Kabupaten Pacitan.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam acara Penganugerahan Penghargaan KUR 2021 yang berlangsung di ruang Graha Sawala Gedung Ali Wardana lantai 1 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta Pusat, Selasa (18/01).

“Alhamdulillah Kabupaten Pacitan mendapatkan Penghargaan Terbaik 1 dalam Nominasi KUR 2021 Pemerintah Kabupaten/Kota khusus wilayah Jawa, Penganugerahan Penghargaan KUR Tahun 2021 Kepada Penyalur KUR, Pinjaman KUR, Pemerintah Daerah dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Pendukung Progam KUR terbaik,”kata Bupati Aji dalam unggahannya di media sosial resminya, Selasa malam.

Mengutip siaran pers Prokopim, Pemkab Pacitan meraih penghargaan ini atas upaya dan komitmen Pacitan dalam mendukung program KUR dalam fasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha.

Bentuk dukungan pemerintah daerah tersebut diantaranya, dengan mengunggah data UMKM calon debitur potensial ke SIKP, mengkoordinasikan para pihak terkait KUR di daerah, membangun infrastruktur, mengalokasikan anggaran dan SDM untuk mendukung KUR serta berinovasi dalam mendorong penyaluran KUR. Pun demikian, atas upaya melakukan mitigasi dampak pandemi bagi UMKM di Pacitan.

Kabupaten Pacitan meraih predikat terbaik 1 Kabupaten/Kota wilayah Jawa setelah dalam beberapa tahap penilaian unjuk paparan dan wawancara mampu menyisihkan pesaing dari beberapa kabupaten/kota. Peraih terbaik 2 adalah Kabupaten Klaten dan terbaik 3 Kabupaten Purworejo.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan empat kelompok, yakni, bank umum, bank daerah, dan lembaga keuangan bukan bank. Kedua, pemerintah daerah yang terdiri dari provinsi di Jawa dan luar Jawa, serta Kabupaten/kota di Jawa dan luar Jawa.

Ketiga, kantor wilayah ditjen perbendaharaan yang dibagi atas tipe, yaitu besar, sedang, dan kecil. Keempat yakni penjamin KUR. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga terkait di dalam penyaluran KUR yang terbaik.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Berikut daftar penerima penghargaan KUR Tahun 2021:

a. Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Terbaik Tahun 2021 Kategori Kanwil Kecil diberikan kepada Kanwil DJPb Bali.

Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Terbaik Tahun 2021 Kategori Kanwil Sedang diberikan kepada Kanwil DJPb Sumatera Selatan.

Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Terbaik Tahun 2021 Kategori Kanwil Besar diberikan kepada Kanwil DJPb Nusa Tenggara Timur

b. Pemerintah Provinsi Terbaik Tahun 2021 diberikan kepada Pemprov Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten/Kota wilayah Jawa Terbaik Tahun 2021 diberikan kepada Kabupaten Pacitan

Pemerintah Kabupaten/Kota wilayah luar Jawa Terbaik Tahun 2021 diberikan kepada Kabupaten Mesuji

c. Penjamin KUR Tahun 2021 Terbaik diberikan kepada Jaminan Kredit Indonesia

d. Penyalur KUR Lembaga Keuangan Bukan Bank Terbaik Tahun 2021 diberikan kepada Koperasi Guna Prima Dana

Penyalur KUR Bank Daerah Terbaik Tahun 2021 diberikan kepada Bank BPD Bali

Penyalur KUR Bank Umum Terbaik Tahun 2022 diberikan kepada Bank Rakyat Indonesia

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada Kementerian Pertanian atas capaian penyaluran KUR di sektor pertanian dan sektor produksi terbesar tahun 2021.