Bupati Berharap Kepengurusan Baru KONI Mampu Tingkatkan Prestasi Olahraga Pacitan

oleh -Dibaca 327 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memiliki sejumlah harapan besar terhadap kepengurusan baru Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pacitan. Harapan itu disampaikan Bupati Aji usai pelantikan kepengurusan baru KONI Pacitan periode 2021-2025.

“Harapannya kita mendapatkan medali lebih banyak, mendapatkan emas lebih banyak, perak atau minimal perunggu, artinya secara globalnya adalah kita lebih meningkat dalam hal prestasi, dan harapan saya sangat besar sekali, KONI ini dibawah kepegurusan sekarang dibawah Mbah Dyah, itu bisa memajukan Pacitan, mendapatkan medali lebih banyak,”kata Bupati Aji.

Bupati optimistis target kenaikan prestasi olahraga di Pacitan tersebut dapat dicapai, dengan syarat semua pihak bisa bersinergi.

“(Kenaikan prestasi) kita bisa dapatkan, selama ada sinergi antara Pemerintah, KONI, dan juga pihak-pihak lain semisal adalah pengusaha dan sebagainya,”tandasnya.

Para pengusaha atau pihak lain yang dimaksud, kata Bupati, bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan perhatiannya untuk olahraga di Pacitan.

“Bisa menjadi bapak asuh mungkin dari beberapa cabor yang berperestasi, itu saya yakin Pacitan akan bisa, karena kalau KONI sendiri, atau Pemda sendiri itu pasti tidak kuat, kita mempunyai sumber dana dan sumber daya terbatas, maka ini adalah gerakan kita semua,”jelas mantan legislator Partai Demokrat ini.

Terkait hal-hal yang perlu dilakukan oleh kepengurusan KONI, Bupati memandang perlu adanya pemerataan pengurus KONI. Dan hal itu sudah dilihat dirinya saat mengetahui komposisi pengurus KONI Pacitan yang baru.

“Saya tadi sudah lihat beberapa pengurus, tidak terpusat di wilayah Kota, tapi saya melihat beberapa wajah-wajah baru yang berada di pelosok, nah dengan kombinasi seperti itu saya yakin nanti bisa menyebarkan semangat olahraga ini untuk bisa massif ke masyarakat,”papar Bupati.

Selain itu, Bupati memandang perlunya pemetaan terhadap potensi yang ada di bidang olahraga  di Pacitan.

“Jadi nanti akan bisa prioritasnya kemana dan sebagainya. Mana yang akan kita langsung genjot  ke pertandingan, mana yang kita genjot ke pembibitannya, itu perlu dilakukan mapping,”pungkasnya.

Senada dengan Bupati, Ketua KONI Pacitan Dyah Mentari Putri mengatakan sinergi antara semua pihak sangat diperlukan untuk memajukan olahraga di Pacitan.

“Kami menharapkan support dari Pemda serta stakeholder, seluruh stakeholder Kabupaten Pacitan, juga pihak luar yang mau membantu meningkatkan prestasi olahraga di Pacitan, sinergi semuanya,”jelasnya.

Dyah sendiri bersyukur pada akhirnya pengurus KONI Kabupaten Pacitan resmi dilantik dengan harapan mampu meningkatkan prestasi olahraga di kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

“Alhamdulillah hari ini pengurus KONI Kabupaten Pacitan 2021-2025 dilantik oleh KONI Provinsi Jatim, semoga KONI Pacitan bisa mendorong mendorong teman-teman cabang olahraga (Cabor) olahraga Pacitan untuk terus meningkatkan prestasi,”pungkasnya.

Pelantikan pengurus KONI tersebut dipimpin Ketua Harian KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil pada Rabu (12/1/2022) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Kegiatan pelantikan Pengurus KONI Pacitan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan KONI Pacitan yang ditandatangani oleh Ir H Erlangga Satriagung, Ketua Umum KONI Jawa Timur kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dengan penyerahan bendera yang diterima secara langsung oleh Ketua KONI Kabupaten Pacitan.