Belum Lama Direnovasi, Jembatan Gantung Kaliatas Wiyoro Amblas

oleh -Dibaca 2.398 kali
Jembatan gantung di Kaliatas Wiyoro amblas. (Foto: Dok. Pemdes Wiyoro /Instagram @desa_wiyoro)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Jembatan gantung di Dusun Kaliatas, Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo amblas pada Senin (20/12/2021).

Video amblasnya jembatan penghubung dua dusun, yakni Dusun Kasab dan Dusun Kaliatas, Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo tersebut viral di medias sosial.

Akun Instagram @kecamatan_ngadirojo.pacitan yang dikelola pihak Kecamatan Ngadirojo menyebut jembatan ini telah direnovasi belum lama.

“Itulah yang membuat masyarakat bertanya-tanya, kenapa bangunan jembatan yang bisa dikatakan baru, tetapi sudah amblas. Bisa jadi faktor yang menyebabkan amblasnya jembatan ini juga dipengaruhi oleh debit air yang tinggi, kemudian menggerus tanah dibawah pondasi jembatan,”demikian informasi caption yang menyertai unggahan tersebut.

Kondisi jembatan tersebut mengalami kerusakan di beberapa titik. Selain itu pondasi jembatan juga mengalami keretakan.

Melihat hal ini, Wakil Bupati Pacitan Gagarin pada Senin siang mengecek kondisi jembatan yang amblas tersebut.

Akun Instagram yang dikelola Pemerintah Desa Wiyoro, yakni @desa_wiyoro mengabarkan sebelumnya kondisi pondasi sudah tergerus oleh sungai Lorok, dan akan dilakukan renovasi penguatan pondasi.

“Material dan alat berat sudah diterjunkan ke lokasi dan akan dikerjakan hari ini, tetapi curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan aliran air yang cukup besar dari sore hari kemarin sampai dengan tadi pagi menyebabkan pondasi jembatan kembali bergerak, dan jembatan mulai roboh,”demikian informasi yang menyertai unggahan tersebut.

“Menurut informasi dari pak Wabup, Dinas terkait selanjutnya akan segera menangani kondisi ini.
Semoga segera tertangani dan tidak menyebabkan kerugian material yang lebih besar,”imbuhnya lagi.