Resmikan Gereja di Pucangsewu, Bupati Minta Elemen Bersama Hadapi Krisis dan Tantangan

oleh -Dibaca 430 kali
RESMIKAN GEREJA. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meresmikan gereja di Pucangsewu Pacitan. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meresmikan rumah ibadah Gereja St Fransiskus Xaverius yang terletak di Kelurahan Pucangsewu Pacitan, Jumat (3/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Aji ini mengharapkan peran dan bantuan semua umat beragama, para pemeluk agama serta  tokoh masyarakat untuk berkontribusi dan berpartisipasi aktif mengatasi berbagai krisis dan tantangan.

Bupati berharap semua pihak mampu menjaga ketenangan, kejernihan dalam bertindak dan berfikir sehingga tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang dapat menghasut serta mampu mengatasinya dengan penuh bijaksana.

“Saya percaya bahwa semangat jema’at untuk memiliki tempat peribadatan yang telah terwujud, akan meningkatkan kualitas keimanan umat, di tengah tantangan zaman saat ini,” kata Bupati dalam sambutannya, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pada hakikatnya pembangunan tempat ibadah adalah proses untuk membangun iman dan jati diri sebagai umat ciptaan Tuhan. 

Dan yang lebih penting lagi membangun mental dan hati menghayati dan meningkatkan keimanan dan mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Di Kabupaten Pacitan sendiri telah terbentuk forum kerukunan umat beragama (FKUB) yang anggotanya adalah lintas agama dan salah satu anggotanya wakil dari agama Katolik.

FKUB merupakan ajang dialog tokoh-tokoh lintas agama dalam rangka menyalurkan aspirasi dan menyelesaikan permasalahan keagamaan.