Lapak Lebih Tertata, Paguyuban Pedagang Pasar Sawo Sumringah

oleh -Dibaca 414 kali
GUNTING PITA. Bupati Aji menggunting pota pasar sawo diresmikan pada Sabtu (20/11/2021). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah pedagang pasar Sawo sumringah, pasalnya pada Sabtu (20/11/2021) mendapat hadiah baru. Lapak pedagang yang dulu belum tertata, kini sudah menarik dan lebih tertata.

“Alhamdulillah ini hari momen yang luar biasa, terimakasih kepada mas Aji yang kerso hadir di pasar Sawo,”kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Sawo Ichsan Basuki, Sabtu malam.

Basuki mengatakan, dengan penataan yang baru ini menjadi momen pasar Sawo untuk lebih maju.

“Ini menjadi momen pasar Sawo lebih maju, sebagai pasar legenda,”tandasnya.

Basuki juga mengibaratkan UMKM kedepan harus dapat menjadi raja di negeri sendiri. “Ibaratnya saya ini umkm kita bisa menjadi raja di tanah sendiri, artinya kita bisa bersinergi dan kolaborasi dengan ikm dan stake holder terkait,”jelasnya.

Namun demikian, Basuki juga mengharapkan lahan parkir yang sempit bisa diatur agar lebih lebar dan nyaman untuk pelanggan di IKM Pasar Sawo.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi kerjasama Pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan Bank Jatim dalam merealisasikan kawasan kuliner tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bank Jatim dan perangkat yang telah melakukan kerjasama dalam penataan lapak di pasar sawo ini,”kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Pasar Sawo ini sebenarnya selama ada anggaran mudah untuk dibangun. “Namun yang paling susah adalah menghidupkan pasar ini,”ujarnya.

Sehingga, dia mengajak para pedagang untuk membuat pasar sawo nyaman sebagai tempat jual beli dan ngangeni untuk datang. “Kedepan bagaimana kita membuat nyaman baik pedagangnya, pembelinya dan  mempertahankan cita rasanya,”ujar dia.

Sementara kepala dinas perindustrian dan perdagangan Pacitan Heru Sukresno mengajak untuk bersyukur karena pasar Sawo punya lapak baru.

“Bersyukur karena sudah dapat berjualan walaupun harus tetap mengedepankan protokol kesehatan,”katanya.

Hadir dalam kegiatan itu adalah Sekretaris Daerah Heru Wiwoho Supardi Putro, Pinca Bank Jatim Pacitan, Murjoko Teguh Hariyanto segenap kepala OPD dan IKPM Pasar Sawo.

Pewarta: Putro Primanto