Puluhan Mahasiswa PBI STKIP PGRI Pacitan Galakkan PBI Mengabdi

oleh -Dibaca 606 kali

Pacitanku.com, PACITAN –  Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober merupakan momentum untuk mendorong para pemuda agar lebih produktif dalam mengoptimalkan kontribusinya terhadap kemajuan bangsa dan negara. Setiap pemuda memiliki cara masing-masing dalam merefleksikan momentum tersebut.

Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun, HMP Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pacitan menggalakkan kegiatan PBI Mengabdi dimana seluruh mahasiswa PBI menjadi partisipan dan masyarakat di sekitar menjadi sasaran kegiatan.

Dikemas dengan nama program PBI Mengabdi, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pacitan dalam mengaktualisasikan keilmuan yang didapatkan selama perkuliahan kepada masyarakat di sekitar.

Kegiatan PBI Mengabdi yang dilaksanakan selama 13 hari yakni 28 Oktober sampai dengan 10 November 2021 terbagi menjadi dua kegiatan utama yakni pendampingan belajar mata pelajaran bahasa Inggris dan aksi sosial seperti kerja bakti, membantu posyandu, pelatihan dan sebagainya. Masyarakat sebagai penerima kebermanfaatan tersebut mengikuti kegiatan tanpa dikenakan biaya.

Panitia penyelenggara, Rohmatul Ummah mengatakan kegiatan ini adalah pengalaman luar biasa karena jarang bisa berkumpul dengan anak-anak. Mereka sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

“Saya banyak belajar dari mereka seperti kesabaran, belajar memanajemen waktu, mengatasi masalah, dan lainnya. Saya berpesan untuk teman-teman PBI Mengabdi semoga semangatnya tidak luntur dan tetap peduli dengan sekitar meskipun kegiatan PBI Mengabdi sudah selesai. Semoga apa yang sudah diberikan oleh teman-teman baik waktu, ilmu, dan tenaga bisa menjadi amal jariyah untuk teman-teman,”jelasnya, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan PBI Mengabdi ditutup pada tanggal 10 November 2021 sekaligus memperingati momentum Hari Pahlawan.

Dalam kegiatan penutupan yang dihadiri oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Mulyadi. Mulyadi memberikan apresiasi kepada Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pacitan Chusna Apriyanti dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris atas kegiatan yang telah diselenggarakan sekaligus menyampaikan harapan agar kedepannya PBI Mengabdi dapat dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama HMP lainnya.

Selanjutnya, kegiatan closing ceremony PBI Mengabdi ditutup dengan pengumuman 11 pengabdi terbaik yakni Rohmatul Ummah (3), Esta Diana Mukti Rahayu (1), Humairoh Nur Khasanah (1), Imam Muanas (1), Khoirun Nisak (1), Dewi Maya Lutfiani (1), Bella Ayu Pratiwi (3), Vira Imro A (1), Nur Azizah (1), Dhiar Amelia Agustin (1), dan Novia Sila Arlistya (1).