Begini ‘SSWW’ Ala BPBD Pacitan Tangani Longsor: Terima Laporan, Lakukan Assesment dan Serahkan Bantuan Logistik

oleh -Dibaca 388 kali
Tim BPBD Pacitan saat melakukan langkah assesment tangani bencana alam tanah longsor di Arjosari. (Foto: Dok. Instagram BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Upaya Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji untuk mempercepat pelayanan terhadap masyarakat Pacitan yang dikenal dengan jargon ‘sat set wat wet’ atau SSWW mulai diterapkan jajarannya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait.

Salah satu yang mulai menerapkan semangat SSWW Bupati tersebut adalah OPD yang fokus penanggulangan bencana alam, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan.

Setelah mendapatkan laporan dari warga dan media, BPBD langsung gerak cepat (Gercep) atau melakukan sejumlah aksi penanggulangan bencana alam tanah longsor yang terjadi di RT/RW 02/III, Dusun Madekan, Desa Jetiskidul, Kecamatan Arjosari pada Selasa (2/11/2021) kemarin.

Awalnya, seorang warga setempat, yakni Wulan melaporkan kejadian bencana alam tanah longsor kepada admin Pacitanku pada Selasa sore melalui pesan jaringan Whatsapp Massanger (WA).

Menindaklanjuti hal itu, admin pacitanku meneruskan dengan memposting kejadian longsor yang menimpa Tumadi di media sosial Instagram dengan harapan segera ditindaklanjuti BPBD Pacitan.

Gayung bersambut, BPBD Pacitan segera melakukan langkah penanganan bencana tersebut, baik melakukan koordinasi, assessment dan juga penyerahan bantuan logistik.

“Menindak lanjuti laporan kejadian bencana rumah terdampak tanah longsor dari media @pacitanku dan saudara @wt.wln, BPBD Kabupaten Pacitan melakukan assessment dan penyerahan bantuan logistik kepada korban terdampak sdr. Tumadi di RT 02/RW 03 Dusun Madekan Desa Jetis Kidul Kecamatan Arjosari, bersama dengan Forum PRB dan Pemerintah Desa Jetis Kidul serta Forkopimca Arjosari,”demikian caption yang diunggah di laman Instagram BPBD Pacitan pada Rabu (3/11/2021).

Kejadian tersebut bermula saat hujan deras yang mengguyur wilayah Pacitan pada Selasa (2/11/2021) menyebabkan longsor di tebing dekat rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini, untuk sementara waktu pemilik rumah evakuasi ke tetangga terdekat.

“Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat dan media atas peran serta dalam percepatan pelaporan bencana alam,”pungkas admin BPBD Pacitan melalui laman Instagramnya. (red)