Akhirnya, Destinasi Wisata Goa Gong dan Goa Tabuhan Mulai Dibuka

oleh -Dibaca 595 kali
Destinasi wisata Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan akhirnya mulai membuka dua destinasi wisata di Pacitan, yakni Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung dan Goa Tabuhan di Desa Wareng Kecamatan Punung.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra saat dihubungi Pacitanku.com pada Rabu (3/11/2021) membenarkan rencana uji coba pembukaan dua destinasi wisata goa tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pria yang akrab disapa Andi mengatakan pembukaan dua destinasi wisata goa ini setelah pihaknya memperoleh kepastian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan mengacu pada Surat Edaran Menparekraf nomor SE/31/IL.04.00/DII/2021.

“Setelah kita mendapatkan surat dari Kemenparekraf, dan sebelumnya juga telah kita penuhi persyaratan sertifikasi CHSE dan peduli lindungi, kedua destinasi wisata tersebut mulai diujicobakan dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat per Jumat (5/11/2021) akhir pekan ini, jadi Jumat, Sabtu, Ahad (akhir pekan ini, red) sudah buka,”kata Andi.

Lebih lanjut, Andi mengatakan pihaknya juga akan menggelar tasyakuran sederhana jelang dibukanya dua destinasi wisata goa di Pacitan tersebut.

Kadisparpora Pacitan Andi Faliandra. (Foto: Sulthan Salahuddin)

“Pada Kamis (4/11/2021) malam Insyaallah ada tasyakuran sederhana untuk persiapan uji coba pembukaan Goa Gong dan Goa Tabuhan,”tandasnya.

Dua destinasi wisata goa tersebut adalah dua destinasi wisata pertama di Pacitan yang secara resmi dibuka oleh Pemkab Pacitan setelah selama beberapa bulan ditutup akibat penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pacitan yang masih berada di level 3.

Sementara untuk destinasi wisata lainnya, termasuk Pantai di Pacitan, Andi mengatakan masih diberlakukan penutupan sementara sembari menunggu turunnya level PPKM.

”Untuk destinasi wisata lainnya, termasuk pantai belum dibuka, juga ada pemberitahuan dari Kementerian bahwa destinasi wisata air di daerah PPKM level 3 belum boleh dibuka,”tandas dia.

Selain itu, Andi memastikan dua destinasi wisata goa di Pacitan yang diujicobakan akan dibuka akhir pekan ini tersebut adalah dua destinasi wisata goa pertama di Jatim.

“Ya betul, ini adalah dua destinasi wisata goa pertama di Jatim yang buka, harapannya Pacitan menjadi percontohan penerapan protokol kesehatan ketat di destinasi wisata goa,”paparnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Bomo, Suratmi membenarkan dibukanya destinasi wisata Goa Gong di Pacitan. “Nggih (benar), malam Jum’at dibuka oleh Pak Bupati,”katanya, singkat. (red/DP)

Menelusuri Keindahan Pahatan Alam Goa Gong Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.