Disparpora Pastikan Mayoritas Destinasi Wisata Pacitan Sudah Kantongi Sertifikat CHSE

oleh -Dibaca 770 kali
KUNJUNGI WATU BALE. Bupati Pacitan didampingi Kepala Disparpora T Andi Faliandra mengecek kesiapan destinasi wisata di Pacitan, Selasa (28/9/2021). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan memastikan mayoritas destinasi wisata di Kabupaten Pacitan telah mengantongi sertifikat Clean, Healthy, Safety, and Environment (CHSE).

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra saat dihubungi Pacitanku.com pada Jumat (15/10/2021) mengatakan semua destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan sudah menerima sertifikat CHSE.

“Untuk destinasi wisata yang dikelola pemerintah semua sudah (kantongi) sertifikat CHSE. Untuk yang dikelola Desa dan swasta juga sudah 85 persen (terima sertifikat CHSE),”kata pria yang akrab disapa Andi ini.

Penerapan sertifikat CHSE tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata serta mencegah persebaran COVID-18.

Untuk destinasi wisata yang dikelola Pemkab Pacitan, ada 9 destinasi yang sudah mendapatkans ertifikat CHSE, yaitu Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo, Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, Goa Tabuhan di Desa Wareng Kecamatan Punung.

Kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Pantai Watukarung di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku, Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Pacitan dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo.

Sertifikasi CHSE sudah dilakukan di 9 destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah dengan tahap awal pendaftaran hingga verifikasi dari tim penguji CHSE. Setelah dilakukan verifikasi, 9 destinasi wisata di Pacitan yakni Goa Gong, Goa Tabuhan, Pemandian Banyu Anget, Pantai Klayar, Srau, Watukarung, Buyutan, Pancer Door, dan Pantai Taman dinyatakan lolos dan mendapatkan sertifikat CHSE.

Selain sertifikasi CHSE yang menjadi salah satu syarat dibukanya destinasi wisata, Pemkab melalui Disparpora kedepan juga akan memasang barcode PeduliLindungi di pintu masuk destinasi wisata di Pacitan.

Sertifikasi CHSE diberikan kepada pemilik/pengelola usaha pariwisata dan destinasi pariwisata dari seluruh Indonesia secara gratis oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. (red/DP)

Video Menemukan Kedamaian di Pantai Pangasan

No More Posts Available.

No more pages to load.