Pemkab Pastikan Kesiapan Wisata Pacitan Beroperasi Jika PPKM Sudah Turun ke Level 2

oleh -Dibaca 887 kali
KUNJUNGI WATU BALE. Bupati Pacitan didampingi Kepala Disparpora T Andi Faliandra mengecek kesiapan destinasi wisata di Pacitan, Selasa (28/9/2021). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan sedang mempersiapkan dibukanya tempat wisata jika masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten tersebut sudah turun ke level 2.

Salah satu yang terus digencarkan oleh Pemkab Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan adalah terus melakukan vaksinasi bagi para pelaku wisata di Pacitan. Selain itu Pemkab Pacitan juga terus memastikan destinasi wisata di Pacitan terdaftar dalam aplikasi Peduli Lindungi dan juga CHSE.

CHSE sendiri adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

CHSE mulai diterapkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sejak September 2020.

CHSE dibuat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Tujuannya untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya klaster baru selama masa pandemi.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Rabu (29/9/2021) di Pacitan mengatakan pihaknya juga akan terus memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung destinasi wisata.

Salah satu yang dilakukan, adalah Pemkab Pacitan melalui Bupati Indrata Nur Bayuaji melakukan kunjungan ke destinasi wisata alam Watu Bale di Des Jetak, Kecamatan Tulakan pada Selasa kemarin.

“Kegiatan  kunjungan kerja Bupati Pacitan di destinasi wisata, beliau, Bupati Pacitan ingin mengetahui kondisi para pelaku usaha yang berada di destinasi wisata dampak dari penutupan destinasi karena PPKM level 3 di Kabupaten Pacitan,”kata Andi.

Lebih lanjut, Andi mengatakan, selain mengecek sisi pariwisata bupati juga turut memberikan jaring pengaman ekonomi masyarakat terdampak COVID-19 di sekitar tempat wisata. “Pada kesempatan itu Bupati memberi bantuan beras pada pedagang yang ada di wisata Watu Bale,”tandasnya.

Bupati, kata Andi, dalam kunjungan ke Pantai Watu Bale juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung di Watu Bale.

“Selain itu Bupati juga ingin memastikan kesiapan dari destinasi apabila Kabupaten Pacitan dapat masuk level 2 (buka destinasi ), beliau (Bupati) juga menanyakan tentang apakah (destinasi wisata) sudah terdaftar di sistem pedulilindungi dan CHSE,”jelas Andi.

Pada kunjungan tersebut, Andi mengatakan bahwa Bupati juga mengajak dan menghimbau para wisatawan yang sudah rindu hadir di destinasi wisata Pacitan bersabar.“Bersabar sampai saatnya nanti destinasi wisata sudah dibuka resmi,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Menemukan Kedamaian di Pantai Pangasan

No More Posts Available.

No more pages to load.