Peringati World Rabies Day, PDHI Pacitan Gelar Pemeriksaan Hewan Gratis

oleh -Dibaca 426 kali
PDHI Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan hewan hobby dalam rangka Peringatan World Rabies Day di Pacitan pada Selasa (28/9/2021) di Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan hewan hobby dalam rangka Peringatan World Rabies Day di Pacitan pada Selasa (28/9/2021) di Pacitan.

Ketua PDHI Cabang Jatim V Korda Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Selasa sore mengatakan kegiatan pemeriksaan hewan hobby ini digelar di pelataran dinas pertanian dan peternakan Pacitan.

Dimana, kata dia, sejumlah dokter hewan memberikan pelayanan periksaan gratis untuk hewan hobby.

“World Rabies Day vaksinasi rabies yang mana kegiatan ini di dukung PDHI bekerjasama dengan dinas Pertanian dan peternakan kabupaten Pacitan,”kata Mahendra.

Dia mengatakan jika musim pancaroba seperti saat ini hewan sangat rentan terkena penyakit, salah satunya rabies.

“Dalam rangka untuk meningkatkan kesehatan hewan, khususnya hewan hobby karena saat musim pancaroba seperti saat ini banyak penyakit yang dapat menjangkit hewan,”jelasnya.

Lebih lanjut, Mahend menjelaskan dalam kegiatan tersebut terdapat 50 klien penghobbi  hewan di Pacitan.

“Ada 50 klien yang mana ini para penghobby hewan dan gratis dalam pelayanannya. Kegiatan ini sebagai upaya peningkatankehadiran dokter hewan di tengah masyarakat,”pungkasnya.

Sebagai informasi, World Rabies Day adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahun. Peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies.

Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan pada tahun 2007.[2] Secara umum, pelaksanaan WRD dilakukan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan vaksinasi rabies terhadap hewan, terutama anjing. Tujuan yang ingin dicapai oleh kampanye ini adalah menjadikan dunia bebas dari penyakit rabies pada tahun 2030.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan