Kasus Aktif COVID-19 Terus Turun Tinggal 97, Pacitan Kini Jadi Zona Kuning

oleh -Dibaca 981 kali
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Kamis (9/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kasus aktif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan terus mengalami penurunan signifikan. Atas kondisi tersebut, setelah sempat berada pada zona merah dan kemudian turun ke zona orange, kini Pacitan kembali mengalami penurunan zona COVID-19 menjadi zona kuning per Rabu (15/9/2021).

“Tentunya dengan penurunan level PPKM Pacitan dari level 3 menjadi level 2 versi satuan gugus tugas (Satgas) COVID-19 Pacitan, dan zona covid juga menjadi kuning, hal ini merupakan anugerah dari Allah SWT,”kata juru bicara tim komunikasi publik Satgas penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto saat dihubungi Pacitanku.com pada Kamis (16/9/2021).

Atas penurunan zona dari orange ke kuning tersebut, Rachmad menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berperan aktif dalam penanganan  COVID-19 di kabupaten Pacitan.

“Sehingga zona kita menjadi zona dengan tingkat penyebaran dan penularan yang relatif kecil. Semoga ke depan COVID-19 bisa semakin dikendalikan,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Namun demikian, dengan kondisi itu, Rachmad mengingatkan agar masyarakat tidak perlu jumawa dengan keadaan ini. Hal itu dikarenakan masyarakat Pacitan harus selalu waspada untuk kemungkinan terjadinya serangan yang baru COVID-19.

“Dan lagi sesuai inmendagri 42 tahun 2021 kita masih berada di PPKM level 3. Sehingga kata kuncinya adalah tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam segala situasi, utamanya 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,”jelasnya.

Penerapan disiplin 3 M, kata Rachmad, jangan sampai kendor dan tetap disiplin menjalankan prokes meski sudah divaksinasi.

“Dan guna mempercepat terjadinya herd immunity, maka sangat penting artinya masyarakat untuk tidak perlu takut dan ragu untuk meñjalani vaksinasi COVID-19,”pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun dari laman penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, ada penambahan kasus COVID-19 pada Rabu kemarin sebanyak 6 kasus, kesembuhan sebanyak 11, dan meninggal 1 orang.

Dengan demikian, jumlah kasus aktif di Pacitan saat ini tinggal 97 kasus aktif yang dirawat. Sementara total pasien sembuh sebanyak 7.482, total konfirmasi positif sejak kasus pertama sebanyak 7.869 dan total kematian akibat COVID-19 di Pacitan sebanyak 290 kasus.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video PPKM Darurat di Pacitan untuk Kebaikan Bersama