MDMC-BPBD Pacitan Gelar Sarasehan Potensi Gempa-Tsunami Selatan Jawa

oleh -0 Dilihat
BPBD Pacitan menyampaikan paparan dalam sarasehan yang digelar MDMC Pacitan pada Senin (14/9/2021) malam. (Foto: Dok. Instagram BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Pacitan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar sarasehan potensi gempa megathrust dan tsunami selatan Jawa.

Dalam sarasehan yang mengusung tema “Potensi Bencana Megatrusht, antara menakut-nakuti dan Kesiapan Mengurangi Resikonya” digelar pada Selasa (14/9/2021) malam pukul 19.30 WIB yang bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Pacitan.

Informasi potensi gempa kuat di zona megathrust memang rentan memicu keresahan akibat salah pengertian.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa zona megathrust selatan Jawa memang aktif yang tampak dalam peta aktivitas kegempaannya. Kenyataan ini mendorong untuk mempersiapkan diri, keluarga, dan komunitas di sekitar kita

“Peran relawan sangat penting sekali sehingga bisa menjadi sinergitas dalam hal penanggulangan bencana” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati, seperti dikutip dari laman Instagram BPBD Pacitan.

Selain itu, peran relawan vital dalam setiap aksi penanggulangan bencana alam dan bencana sosial di Indonesia, baik tahap kesiapsiagaan maupun layanan saat dan pascabencana.

“Upaya yang pasti di lakukan adalah mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah kongkrit untuk meminimalkan risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa,”imbuhnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengajak seluruh masyarakat dan berbagai pihak untuk menyikapi segala kemungkinan dengan bijak dan waspada.

Kegiatan sarasehan dan diskusi tersbeut juga dihadiri sejumlah komunitas, seperti relawna MDMC, Senkom, Karang Taruna, KNPI, Sar MTA, LPBNU, Rapi, Orari, Saka Bahari, Relawan Sego Berkat dan sebagainya. (red/DP)

Video BMKG Ingatkan Pacitan Harus Siap dengan Skenario Terburuk Gempa-Tsunami

No More Posts Available.

No more pages to load.