Saat Bupati Aji Kagumi Arstitektur Masjid Alit di Punung yang Terinspirasi Masjid Nabawi

oleh -Dibaca 647 kali
MASJID ALIT. Masjid yang konsep pembangunannya mirip masjid Nabawi di Madinah. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PUNUNG – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menggelar kunjungan kerja di sejumlah daerah di Kecamatan Punung pada Kamis (2/9/2021). Salah satunya adalah berkesempatan sholat Ashar di Masjid Alit Dusun Bandulan Desa Ploso, Kecamatan Punung.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengagumi Masjid Alit yang bangunannya mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Hal itu disampaikan Bupati di laman instagramnya @inb_indratanurbayuaji, Jumat (3/9/2021).

“Bangunan masjid di Kabupaten Pacitan memiliki bentuk yang unik dan menyerupai Masjid Nabawi Madinah. Namanya yakni Masjid Alit, bertempat di Dusun Bandulan, Desa Ploso, Kecamatan Punung atau berada di wilayah barat Kabupaten Pacitan perbatasan dua Kecamatan, Punung dan Donorojo,”jelas Bupati.

Begitu memasuki halaman Masjid Alit, kata Bupati, akan menikmati suasana seperti lagi didalam Masjid Nabawi.“Mulai dari struktur bangunan dan pernak-perniknya sekilas sangat mirip,”kata Bupati Aji.

Selain itu, Bupati mengatakan halaman masjid pun ditutupi payung berdiri kokoh menyangga langit seperti di Masjid Nabawi. Sehingga, saat orang shalat di halaman tak terkena terik matahari, ditambah dengan adanya pohon kurma.

Masjid Alit yang mirip masjid Nabawi. (Foto: Dok Instagram @inb_indratanurbayuaji)

“Ditambah dengan pintu utama banyak interior, kaligrafi dan ukirannya yang berwarna keemasan, tampak megah dan elegan. Saat masuk dalam masjid pun banyak lampu yang dikelilingi keindahan serba moncer,”jelasnya.

Di akhir unggahannya, BUpati juga mendoakan kepada masyarakat agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam segala urusan.

 “Jumat berkah. Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan, memberikan keberkahan untuk setiap ikhtiar, dan membukakan pintu rezeki serta segala pintu kebaikan untuk kita semua. Aamiin,”pungkasnya.

Sebelum kemasjid Alit, Bupati juga berkesempatan melihat secara langsung sentra produksi genteng dan batu bata yang menjadi produk unggulan Desa Ploso Kecamatan Punung dan juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruko Desa Ploso.