Permudah Akses Pelayanan Adminduk, Desa Mendolo Kidul Kini Punya Aplikasi “Men Pinter”

oleh -Dibaca 469 kali
LAUNCHING APLIKASI. Bupati Aji saat meluncurkan aplikasi Men Pinter pada Kamis (2/9/2021)di Desa Mendolo Kidul Kecamatan Punung. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PUNUNGDesa Mendolo Kidul, Kecamatan Punung kini memiliki terobosan baru dalam rangka mempermudah masyarakatnya mengakses layanan administrasi kepenudukan (Adminduk). Terobosan itu adalah aplikasi android bernama “Men Pinter” yang merupakan kependekan dari Mendolo Kidul Pintar.

Men Pinter merupakan aplikasi dengan konsep pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi baik untuk pelayanan maupun managemen data kependudukan yang dikembangkan oleh perusahaan asli dari Pacitan Decaa Softwares.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat meluncurkan aplikasi Men Pinter ini pada Kamis (2/9/2021) mengapresiasi layanan ini karena sangat menarik, memudahkan, dan mempercepat administrasi di desa. Selain itu, Bupati berharap inovasi ini juga bisa diterapkan di desa-desa lain di Pacitan.

Kepala Desa Mendolo Kidul Suyono mengatakan melalui aplikasi ini warga dapat melakukan kepengurusan dokumen kependudukan meski dari rumah tanpa harus datang ke kantor desa.

Menurut Suyono, warga juga bisa melapor setiap kejadian di masyarakat ke desa serta melakukan cek data kependudukan.

Dalam penerapannya, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Untuk mendapatkan aplikasi ini cukup download aplikasi di playstore, kemudian memasukkan username dan password warga.

Selain pelayanan berbasis android, aplikasi ini juga memiliki fungsi lain seperti, pencatatan data kependudukan, statistik kependudukan, pencatatan program bantuan serta data sekretariat dan data keuangan desa.

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk melakukan permohonan layanan administrasi kependudukan ke kantor desa hanya dari rumah melalui aplikasi berbasis android.

Dengan aplikasi ini tentunya masyarakat dapat melakukan pembuatan layanan surat secara mandiri, melakukan pengecekan data pribadi dan mengajukan perubahan data, melakukan pelaporan kepada admin desa dan melakukan pengecekan data bantuan.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan