Wagub Jatim Emil Dardak Sumbang 2 Unit Konsentrator Oksigen untuk Penanganan COVID-19 di Pacitan

oleh -Dibaca 449 kali
Sumbangan dua unit konsentrator oksigen dari Wagub Jatim diterima Bupati Aji, Jumat (27/8/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elstianto Dardak menyumbangkan dua unit konsentrator oksigen untuk membantu penanganan COVID-19 di Kabupaten Pacitan.

Dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan, bantuan alat medis penghasil oksigen itu diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Melalui sambungan videocall, Bupati juga langsung mengucapkan terima kasih kepada Wagub Emil Dardak.

Sebagai informasi, berbeda dengan oksigen medis yang disuplai dari unit industri melalui tabung, konsentrator oksigen merupakan perangkat yang dapat dioperasikan di rumah. Melansir Oxygen Concentrator Store, perangkat ini dapat bekerja dengan menyambungkannya ke stopkontak listrik atau menggunakan baterai. Cara kerja alat ini adalah menyaring udara di ruangan yang awalnya terdiri dari 80 persen nitrogen dan 20 persen oksigen.

Lalu konsentrator oksigen menggunakan udara itu, kemudian menyaringnya dan diubah menjadi 90 hingga 95 persen oksigen murni.  Nitrogen dipisahkan untuk memberi pasien dosis oksigen setinggi mungkin.

Bupati Aji saat video call dengan Wagub Jatim, Jumat (27/8/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Konsentrator oksigen dibutuhkan ketika saturasi oksigen seseorang di bawah 94 persen, seperti dilansir dari The Hindu. Dalam kondisi itu biasanya seseorang memerlukan rawat inap. Namun, lonjakan kasus Covid-19 dan pasokan oksigen yang terbatas membuat perangkat ini sangat membantu. Perangkat ini dapat membantu mereka yang kadar oksigennya antara 88-92 persen jika seseorang tak dapat mengakses rumah sakit.

Banyak produk konsetrator oksigen hadir dengan berbagai spesifikasi. Untuk pasien Covid-19, perangkat dengan output 5L-10L lebih direkomendasikan. Yang paling penting adalah perangkat tersebut dapat memberikan udara setidaknya 90 persen oksigen murni.

Konsentrator oksigen ini jauh lebih aman dari tabung oksigen tradisional yang dapat menimbulkan kebakaran ketika pecah atau bocor.