Pemkab Pacitan Siapkan Bantuan 10 Ton Beras untuk Warga yang Jalani Isoman

oleh -Dibaca 370 kali
SALURKAN BANTUAN. Bupati Aji didampingi Plt Kadis Pangan Bambang Supriyoko saat memberikan bantuan beras untuk warga Isoman, Selasa (3/8/2021) kemarin. (Foto: Dok IG Inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pangan telah mempersiapkan 10 ton beras yang diperuntukkan sebagai bantuan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) akibat terpapar COVID-19.

“Bantuan ini untuk saudara kita yang sedang menjalani isoman dan kita sudah siapkan sebanyak 10 ton beras,” terang Plt. Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pacitan Bambang Supriyoko, saat mendampingi Bupati Pacitan mengunjungi warga Isoman di Donorojo pada Selasa (3/8/2021) kemarin dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Adapun mekanisme pemberian bantuannya adalah masing-masing kepala keluarga menerima bantuan beras dari cadangan pangan Pemkab Pacitan sebanyak 10 Kg.

Sebagai contoh, sebanyak 91 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Donorojo mendapatkan bantuan beras dari Pemkab Pacitan. Bantuan serupa juga akan diberikan kepada warga isoman lain di Kabupaten Pacitan sesuai usulan masing-masing kecamatan.

Sesuai fungsinya, beras cadangan pangan dikeluarkan jika terjadi bencana alam, semisal banjir atau kekeringan yang menyebabkan gagal panen.

Selain itu, juga akibat bencana non alam, seperti pandemi wabah seperti saat ini. Adanya pembatasan aktivitas masyarakat nyata berdampak pada risiko terjadi kerawanan pangan meskipun bersifat sementara.