Gempabumi Tektonik Magnitudo 5,2 Guncang Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITANGempa bumi berkekuatan magnitude 5,2 mengguncang wilayah selatan Pacitan pada Selasa (27/7/2021) malam pukul 23.21 WIB.

Menurut keterangan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno, gempa bumi tektonik tersebut menunjukkan berkekuatan magnitido 5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  magnitude 5,0.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,98° LS dan 111,43° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 61 km,”katanya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

Menurutnya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pacitan III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Kemudian wilayah Nganjuk, Karangkates, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian wilayah Kepanjen, Kendal, Madiun dan Gunung Kidul II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,”ujarnya.

Selain itu, Bambang menegaskan hingga hari Selasa, 27 Juli 2021 pukul 23:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Lebih lanjut, Bambang mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,”pungkasnya. (red/DP)

Video Penjelasan Kepala BMKG Tentang Potensi Bencana Selatan Jawa [Termasuk Pacitan] dan Mitigasinya