Penting, Simak Tips Jaga Kesehatan di Masa Pandemi dari Plt Kadinkes Pacitan

oleh -Dibaca 524 kali
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka turut prihatin dengan meningkatnya kasus coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan.

Data pada Senin (5/7/2021) di Pacitan kembali ada penambahan sebanyak 21 pasien positif COVID-19. Tak hanya itu, jumlah pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif juga bertambah 2. Sedangkan jumlah pasien sembuh pada Senin ini juga bertambah 19 pasien. Sehingga, pasien positif COVID-19 yang sedang dirawat atau dipantau saat ini sebanyak 151 pasien.

Sementara total pasien positif COVID-19 sejak kasus pertama April 2020 lalu hingga saat ini sebanyak 3.639, dimana 3.406 diantaranya sembuh dan total pasien meninggal dunia bertambah menjadi 82 orang.

Atas kondisi tersebut, pria yang akrab disapa dr Hendra ini turut prihatin, tidak hanya jumlahnya tetapi juga persebarannya yang semakin meluas.

“Saya prihatin dengan semakin meningkatnya kasus COVID-19, bukan saja jumlahnya tapi juga makin meluas persebarannya. Tidak hanya itu gejala sakitnyapun semakin banyak yang memberat, sehingga penanganan di Rumah Sakit (RS) hampir penuh,”kata Plt Kadinkes kepada Pacitanku.com, Senin (5/7/2021) di Pacitan.

Atas kondisi tersebut, dr Hendra mengimbau masyarakat Pacitan untuk lebih peduli terhadap diri, keluarga, kerabat dan lingkungan masyarakat dengan mematuhi melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama peduli, peduli pada diri sendiri, peduli pada keluarga dan peduli pada kerabat dan lingkungan masyarakat sekitarnya dengan patuh melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, dimanapun dan kapanpun,”jelasnya.

Pria yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (PPKB) dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini juga membagikan tips menjaga kesehatan di masa pandemi. Salah satunya adalah tentang pemakaian masker yang tepat.

“Kenakan masker yang benar dan tepat, jangan asal pakai dan bawa masker,”tukasnya.

Selain itu, dr Hendra juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh. Menjaga kondisi tersebut adalah tidak terlalu lelah hingga makan dan istirahat yang cukup.

“Jaga kondisi tubuh kita, jaga imun kita, jangan terlalu lelah, jangan terlalu lapar dan jangan terlalu haus.  Istirahat cukup, makan secukupnya dengan menu gizi seimbang dan minum sedikit-sedikit tapi sering sebelum haus,”ungkap dia.

Tak kalah penting, kata dr Hendra, adalah menghindari kerumunan. Sebab, kata dia, siapa diantara yang berkerumun tersebut yang mungkin sudah terinfeksi virus.

“Dan yang lebih penting  hindari berkerumun, Kita tidak tahu aku kamu dan kita mungkin sudah terinfeksi virus, jangan teledor, ayo lindungi kita semua, berawal  dari diri kita sendiri,”ujar dr Hendra.

Dia berharap masyarakat Pacitan tetap sehat. Tak lupa dia juga mengharapkan masyarakat Pacitan untuk terus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan selalu.

“Semoga kita semua sehat, dan kalaupun sakit tidak perlu ke rumah sakit, dengan berdoa kepada Tuhan,  Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan yang terbaik untuk kita semua,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Dinkes Pacitan Upayakan Semua Guru Divaksin