Gempabumi Guncang Barat Daya Gunungkidul, Dirasakan di Pacitan Hingga Trenggalek

oleh -Dibaca 469 kali
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang Gunungkidul, DI Yogyakarta, pada Senin (28/6/2021) pukul 05.15 WIB.

Guncangan gempa dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lokasi gempa berada di 8,49 LS 110,59 BT atau 55 kilometer barat daya Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Adapun pusat gempa berada di kedalaman 48 kilometer.

Dalam keterangan BMKG melalui akun twitternya, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

“#Gempa Magnitudo: 5.3, Kedalaman: 48 km, 28 Jun 2021 05:15:29 WIB, Koordinat: 8.49 LS-110.59 BT (55 km BaratDaya GUNUNGKIDUL-DIY), Tidak berpotensi tsunami #BMKG,”demikian tulis akun twitter BMKG.

Meski kejadian itu terjadi di wilayah barat daya Gunungkidul, namun gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Pacitan hingga Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam skala Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) gempa dirasakan skala III-IV Gunung Kidul, kemudian III di Purworejo, Trenggalek, Tulung Agung, Blitar dan  Nganjuk.

Selanjutnya skala MMI II-III dirasakan di Sleman dan Yogyakarta. Skala MMI II dirasakan di Klaten,  Banjarnegara, Malang dan Solo.

No More Posts Available.

No more pages to load.