Harga Kambing dan Sapi di Pacitan Mulai Naik Satu Bulan Jelang Idul Adha

oleh -Dibaca 629 kali
Penjualan hewan kurban di Pasar Pon Pacitan tahun 2020 lalu. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Harga hewan ternak kambing dan sapi mulai mengalami kenaikan pada masa kurang dari satu bulan atau sekitar tiga pekan menjelang Idul Adha 1442 H.

Berdasarkan pantauan Pacitanku.com pada Kamis (24/6/2021) di pasar hewan Pacitan, kenaikan hewan kambing dan sapi kisaran 5 sampai 10 persen dari harga biasanya.

“Ya sudah mulai naik mas, untuk kambing naik sekitar Rp 100 ribu hingga Rp200 ribu per ekor, kalau sapi sudah naiksekitar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu per ekornya,”kata Sumarwan, salah satu pedagang pasar hewan di Pacitan.

Baca juga: Persiapan Idul Adha, PDHI Ajak Peternak Pacitan Jaga Kesehatan Hewan Kurban

Untuk harga sapi yang siap untuk hewan kurban, kata Sumarwan, kisaran pada harga Rp20 juta ke atas. Sementara, untuk harga kambing yang siap untuk kurban, imbuh dia, berada di kisaran Rp2,5 juta ke atas.

Lebih lanjut, Sumarwan mengatakan kondisi pasar saat ini juga sudah mulai ada peningkatan alias lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sepertinya mulai rame tahun ini mas, sudah ada bebrapa pembeli sapi dan kambing,”pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan kalender masehi beredar hari Selasa (20/7/2021), seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H.

PP Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 20 Juli 2021 sebagai hari raya Idul Adha. Sedangkan pemerintah, masih menunggu hasil sidang isbat.

Ketika perayaan hari raya Idul Adha 1442 H, umat Islam sangat disunnahkan untuk berkurban. Karena banyak kemuliaan didapat dari berkurban.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan