Persiapan Idul Adha, PDHI Ajak Peternak Pacitan Jaga Kesehatan Hewan Kurban

oleh -Dibaca 232 kali
Penjualan hewan kurban di Pasar Pon Pacitan tahun 2020 lalu. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebulan lagi Idul Adha 2021 tiba. Berdasarkan kalender masehi beredar hari Selasa (20/7/2021), seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H. PP Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 20 Juli 2021 sebagai hari raya Idul Adha. Sedangkan pemerintah, masih menunggu hasil sidang isbat.

Ketika perayaan hari raya Idul Adha 1442 H, umat Islam sangat disunnahkan untuk berkurban. Banyak kemuliaan didapat dari berkurban. Namun demikian, perlu untuk mempersiapkan hewan kurban yang sehat.

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) mengajak para peternak di Kabupaten Pacitan untuk bersiap menyambut Idul Adha dengan menjaga kesehatan hewan kurban.

Ketua PDHI Cabang Jatim V Korda Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro mengajak peternak di Pacitan untuk bersiap menyambut Idul Adha.

“Persiapan untuk Idul Qurban, mari kita pastikan hewan ternak sehat, cukup umur dan tentunya tidak ada cacat dimanapun serta pastikan bebas dari penyakit menular,”kata Mahendra, Senin (21/6/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, Mahendra juga mengajak baiknya hewan qurban untuk diberi vitamin dan menjaga kebersihan kandang.

“Ada baiknya hewan ternak diberi vitamin yang cair dan pastikan tidak ada cacing di saluran cerna dan di bersihkan kandangnya agar nanti saat idul qurban ternak sehat dan aman untuk di konsumsi,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan