BPBD Pacitan Gelar Penguatan Kapasitas Kawasan Empat Destana di Tegalombo

oleh -Dibaca 358 kali
PENGUATAN KAWASAN. BPBD Pacitan menggelar penguatan kawasan Destana di Tegalombo pada Selasa (22/6/2021). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan penguatan kapasitas Kawasan di empat Desa Tangguh Bencana (Destana) yang berada di Tegalombo pada Selasa (22/6/2021) di Aula Hotel Srikandi Pacitan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati saat dikonfirmasi Pacitanku.com mengatakan kegiatan ini salah satunya  guna menyiapkan sumberdaya manusia berkelanjutan yang dapat mandiri dan tanggap bencana.

“Untuk kali ini, kita meningkatkan kapasitas pencegahan dan kesiapsiagaan dengan melibatkan 4 desa di Tegalombo, yaitu Desa Kebondalem, Desa Ngreco, Desa Pucangombo dan Desa Gedangan,”kata Diannita.

Menurut Diannita, keempat desa tersebut memiliki kerawanan dan potensi bencana alam tanah longsor, mengingat banyaknya pegunungan di empat desa tersebut.

Lebih lanjut, Diannita mengatakan pihaknya berharap kedepan Destana di Pacitan dapat terus bertambah dan merata di semua kecamatan.

“Setiap tahun BPBD Pacitan selalu menambah jumlah destana di Pacitan, harapannya desa dengan adanya Destana dapat secara mandiri menangani maupun memberikan edukasi di desanya,”ujar Diannita.

Di Pacitan, kata Diannita, ada sekitar 80 Destana, mulai dari pratama, madya, dan utama tersebar di Kabupaten Pacitan.

Adapun unsur pembentukan Destana, Diannita, adalaha para perangkat desa hingga Ketua RT yang menjadi unsur adanya Destana.

“Tentunya perangkat desa, mulai kepala RT sampai kepala desa, kemudian karangtaruna dan bidan desa. Ada sepuluh unsur desa dalam pembentukan desa tangguh bencana,”ujarnya lagi.

Dengan adanya Destana itu, dia berharap Desa nantinya dapat mandiri dalam pengelolaan Destana dengan mengoptimalkan dana desa di setiap desa.

“Ya pastilah, dengan anggaran yang terbatas, BPBD tidak dapat mengcover seluruh destana, sehingga dana desa dapat dioptimalkan untuk pencegahan bencana,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Blak-Blakan BPBD Part #1: Pacitan Pernah Dilanda Gempa dan Gelombang Tinggi? Bagaimana Mitigasinya?

No More Posts Available.

No more pages to load.