Inilah Para Duta GenRe Kabupaten Pacitan 2021

oleh -10576 views
Grand final duta Genre Kabupaten Pacitan 2021.(Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ajang Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Pacitan pada Ahad (30/5/2021)  di Pendopo Kabupaten Pacitan berhasil menobatkan para peraih juaranya.

Dalam acara Grand Final tersebut diputuskan, Duta GenRe Pacitan untuk juara 1 putra adalah Fernanda Marshanda, Juara 2 adalah Rizal Ridhon Nabila dan juara 3 adalah Dimas Ardiyan Christanto. Sedangkan juara 1 putri diraih oleh Wisnu Ariyani, juara 2 Latisa Stefi Aliva dan juara 3 diraih Avrian Wahyunintyas.

Pemilihan Duta genre 2021 merupakan ajang tahunan untuk memilih generasi muda yang akan menjadi role model dan figur bagi remaja. Duta Genre sendiri merupakan program dari BKKBN RI untuk menyiapkan kehidupan bagi remaja melalui 4 substansi program genre yaitu, kependudukan, kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga dan lifeskill.

Selain itu, tugas duta GenRe yaitu sebagai mediator bangga kencana. Yang salah satu tugasnya adalah menekan angka pernikahan dini, menyampaikan kepada masyarakat akan bahaya narkotika, HIV/AIDS, dan kekerasan seksual.

Untuk menjadi yang terbaik para finalis, Duta Genre akan diuji pemahamannya terhadap 4 subtansi program genre. Penilaian meliputi public speaking, keaktifan dan atittude.

“Penyiapan kehidupan keluarga penting bagi remaja terutama remaja putri yang akan melahirkan generasai unggul tanpa stunting,”kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat membuka Grand Final Duta Genre 2021, dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Menurut Bupati Aji, duta Genre nantinya akan bertugas mengkampanyekan TRIAD KRR atau 3 ancaman dasar  remaja mengenai kesehatan reproduksi. Yakni, pernikahan dini, seks bebas, dan Napza.

Selain itu, stunting kembali menjadi penekanan Bupati Indrata Nur Bayuaji. Menurutnya stunting dapat dicegah melalui pemahaman remaja sedini mungkin. Bupati berharap melalui kegiatan ini Duta Genre 2021 dapat membantu generasi mempersiapkan masa depannya.