Poin-poin Rencana Kerjasama Ponorogo-Pacitan: Dari Pembangunan Perbatasan, Infrastruktur Hingga Ekonomi

oleh -Dibaca 176 kali
Heru Wiwoho saat bertemu dengan Bupati Sugiri Sancoko pada Jumat kemarin. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengelar kunjungan ke Kabupaten Pacitan pada Jumat (23/4/2021). Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan setelah pada Jumat (10/4/2021) lalu Pelaksana harian (Plh) Bupati Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra terlebih dahulu mengunjungi Kabupaten Ponorogo.

“Ini merupakan kunjungan balasan, ketika itu Pak Heru dan beberapa OPD bersilaturahmi ke Ponorogo,”kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Pria yang akrab disapa Kang Giri ini mengungkapkan kedekatannya dengan Kabupaten Pacitan. Menurut mantan Anggota DPRD Jawa Timur ini, dirinya memiliki ikatan emosional yang sangat kuat dengan Pacitan. Salah satunya juga karena Kang Giri memiliki satu rumah di kawasan Pantai Pancer Door.

Baca juga: Bupati Ponorogo Kunjungi Pacitan, Bukti Persaudaraan Erat Antar Daerah

Kang Giri juga mengajak jajaran Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dalam berbagai aspek.

“Kami ingin kedepan tidak hanya kerjasama mengenai perbatasan. Misalnya kami kelebihan beras, maka kalau Pacitan kurang stok beras bisa ngambil di Ponorogo karena kami surplus beras. Dan kalau Ponorogo butuh ikan laut, bisa ngambil dari Pacitan. Kami ingin kerjasama ini menjadi elok, dan persahabatannya semakin erat,”jelas Kang Giri.

Kang Giri mengatakan, masyarakat di wilayah perbatasan harus memiliki kesamaan rasa. Mengelola wilayah tersebut menurutnya harus dengan keadilan karena baik masyarakat yang ada di Pacitan atau Ponorogo sama sama warga negara Indonesia.

Senada dengan Kang Giri, Plh Bupati Pacitan Heru Wiwoho mendukung kerjasama pembangunan wilayah perbatasan.

Bahkan menurut Heru Wiwoho, ini sesuai dengan salah satu misi bupati-dan wakil bupati baru nanti yakni percepatan pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah pembangunan di wilayah perbatasan Pacitan dan Ponorogo.

Tidak hanya infrastruktur, kedua kabupaten yang saling berbatasan itu berharap kerjasama sektor-sektor lain juga dapat terjalin dengan baik. Terutama sektor ekonomi agar masyarakat kedua daerah lebih sejahtera.

“Kami harap dengan kegiatan ini dapat memperkuat kerjasama antara Ponorogo dengan Pacitan, terutama mengenai program percepatan insfratruktur dan pembangunan wilayah perbatasan,”pungkas Heru yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan itu. (red)