Peringati Hari Jadi ke-276, Wawali Salatiga Berharap Pacitan Semakin Maju

oleh -Dibaca 206 kali
Wakil Wali Kota Salatiga Muhammad Haris.

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Wali Kota Salatiga Muhammad Haris berharap dengan momentum Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-276 menjadikan Kabupaten Pacitan semakin maju dan sejahtera.

“Semoga pada ulang tahun kabupaten Pacitan, pertama kotanya semakin maju,”kata pria yang berasal dari Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan ini, Jumat (19/2/2021) saat dihubungi Pacitanku.com.

Baca juga: Sejumlah Tokoh Sampaikan Ucapan Hari Jadi Pacitan, Berharap Pacitan Semakin Makmur

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Haris ini juga mengapresiasi kepemimpinan Bupati Pacitan Indartato. Selama 10 tahun dipimpin Indartato, menurutnya Pacitan banyak mengalami kemajuan.

“Tentu sebagai warga Pacitan, kami berterimakasih kepada pak In (sapaan Indartato, red) dan sukses untuk kepemimpinannya dan semoga sukses untuk kita semuanya,”tandas pria yang juga Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah ini.

Ia juga berharap untuk kepemimpinan baru kabupaten Pacitan semakin sukses dan rakyatnya semakin sejahtera. “Kemudian untuk nahkoda baru. Mas Aji dan pak Gagarin semoga sukses dan rakyatnya semakin sejahtera,”pungkasnya.

Pada peringatan Hajatan ke-276 tahun ini, Pacitan sendiri mengusung tema Tangguh Ing Laku sarana Iman Aman lan Imun, tidak banyak ragam kegiatan serta kemeriahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya beberapa acara inti menuju prosesi, itupun tidak melibatkan banyak orang dikarenakan kondisi masih dalam pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Kesederhanaan peringatan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Pacitan sudah terasa sejak awal bulan. Beragam acara dan kegiatan yang biasanya berlangsung meriah tidak nampak.

Acara inti prosesi pengambilan tirto wening di sumur patilasan Tumenggung Notopuro di Desa Sukoharjo serta rucuh pace dari patilasan Tumenggung Setroketipo di Desa Nanggungan berlangsung sederhana dan terbatas. Demikian pula dengan ziarah ke makam leluhur cikal bakal Kabupaten Pacitan.

Yang lebih kentara, prosesi Atur Tirto Wening dan Rucuh Pace di Pendopo Kabupaten, Jumat (19/02). Prosesi yang menjadi puncak acara perayaan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Pacitan itu hanya menghadirkan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Ketua DPRD, Anggota Forkopimda serta Sekretaris Daerah Pacitan masing-masing bersama isteri.

Gelaran atur Tirto Wening dan Rucuh Pace tersebut juga diikuti oleh seluruh perangkat daerah, Pemerintah Desa dan masyarakat termasuk pelajar melalui media daring zoom, siaran streaming youtube, dan live di TV lokal.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.