Tahun 2020, Jumlah Pengangguran di Pacitan Naik 5 Ribu Orang

oleh -86 views
Ilustrasi pencari kerja.(Foto: Pixabay)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan merilis hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020 untuk wilayah Kabupaten Pacitan.

Hal itu disampaikan oleh narasumber dari BPS Kabupaten Pacitan Rose Shinta Pramudita saat menjadi narasumber dalam webinar Gelatik 1 dengan tema ‘potret kesejahteraan masyarakat saat pandemi COVID-19’ di Kantor BPS Kabupaten Pacitan, Senin (11/1/2021) yang disiarkan melalui layanan aplikasi zoom.

Baca juga: Angka Kemiskinan di Pacitan Naik 0,87 Persen Akibat Pandemi

Dari data yang dipaparkan, perempuan yang akrab disapa Rose ini menyampaikan adanya kenaikan angka pengangguran di Kabupaten berjuluk the paradise of Java ini.

“Pengangguran di Pacitan sebanyak 8,3 ribu orang, dan di tahun 2020 mengalami peningkatan sebanyak 5 ribu orang dibandingkan tahun 2019,”kata Rose yang memaparkan materi tentang pengangguran.

Rose mengungkapkan, data Sakernas pada tanggal 8-31 Agustus 2020, dengan konsep ICLS-13.

Dimana dari hasil penelitian tersebut, selain angka pengangguran yang naik, jumlah penduduk usia kerja di Pacitan juga mengalami kenaikan.

“Penduduk usia kerja di Pacitan sebanyak 455,8 ribu orang mengalami kenaikan dua ribu orang di tahun 2020, sementara penduduk yang bekerja sebanyak 357,9 ribu orang dan mengalami penurunan sebanyak 0,02 ribu di tahun 2020,”jelas perempuan yang menjabat sebagai statistisi Ahli Muda Pacitan ini.

Lebih lanjut, Rose mengatakan, dalam partisipasi angkatan kerja dalam rentang tiga tahun sejak 2018 mengalami kenaikan sebesar 0,75 persen.”Selanjutnya tingkat partisipasi angkatan kerja rentang tahun 2018-2020 terus mengalami kenaikan, sebesar 0,75 persen, ini berarti semakin tersedia jumlah angkatan kerja di Pacitan,”tandasnya.

Sebanding dengan kenaikan angka pengangguran, Rose mengatakan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Pacitan juga mengalami peningkatan.”Tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2020 saat masa pandemi, kemiskinan mengalami kenaikan demikian pula penggangguran meningkat sebanyak 1,37 persen poin,”pungkasnya.

Agenda Gelatik edisi perdana yang digelar oleh BPS Kabupaten Pacitan ini diikuti 142 peserta secara daring dari kalangan pemerintah, swasta dan pelajar serta mahasiswa.

Penulis: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan