Terjadi ‘Ledakan’ Kasus Sebanyak 33, Total Kasus Positif Corona di Pacitan Jadi 402

oleh -296 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan merilis adanya penambahan jumlah pasien terpapar COVID-19 pada Senin (7/12/2020)

Juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, saat dikonfirmasi Senin sore mengatakan ada penambahan pasien sebanyak 33 orang.

“Betul, ada penambahan, terdapat 33 penambahan kasus positif COVID-19,  pasien laki-laki sebanyak 18 orang, pasien perempuan sebanyak 15 orang,”kata Rachmad.

Lebih lanjut, Rachmad mengatakan, berdasarkan persebarannya, para pasien tersebut hampir menyeluruh tersebar di 12 kecamatan di Pacitan.

“Lokasi penularan adalah Tulakan 3 orang, Tegalombo 2 orang, Donorojo 5 orang, Kebonagung 4 orang, Puning 3 orang, Pacitan 11 orang, Ngadirojo 4,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Secara usia, Rachmad menuturkan kesemuanya memiliki rentang usia yang masih produktif dan masih muda. “Secara umum kebanyakan usia produktif 15 sampai dengan 55 tahun,”tukasnya.

Selain adanya penambahan kasus positif, Rachmad mengatakan ada juga terjadi penyembuhan pasien sebanyak 24 orang. ” Kesembuhan sebanyak 24 orang,”imbuhnya.

Dengan adanya penambahan pasien tersebut, total pasien sejak kasus pertama di Pacitan berjumlah 402 orang, total sembuh 346 orang, total pasien aktif dipantau saat ini sebanyak 41 orang dengan rincian 34 di Gedung wisma atlet dan 7 lainnya di Rumah Sakit.

“Sementara total pasien positif meninggal dunia 15,”ujarnya.

Dengan adanya penambahan ini, Rachmad mewakili satgas Corona Pacitan meminta masyarakat untuk tidak kendor dalam menjalan protokol kesehatan.

“Utamanya 3 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak. Jauhi kerumunan,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan