Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Pacitan Soal Temuan Pembagian Sembako di Masa Tenang

oleh -Dibaca 266 kali
Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stevanus HRW saat ditemui awak media di kantor Bawaslu, Selasa (8/12/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pacitan Berty Stevanus HRW memberikan penjelasan soal ramai-ramai pembagian sembako yang dilakukan pada Senin (7/12/2020) malam di salah satu Kecamatan di Pacitan.

“Tadi tim dari pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 ke Bawaslu, menyampaikan informasi bahwa di lapangan memang ada sembako yang beredar,” kata Berty saat ditemui awak media, Selasa (8/12/2020) siang di Kantor Bawaslu Pacitan.

Terkait hal itu, Berty mengatakan ranah tersebut sudah masuk ranah Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  untuk menyelesaikan penanganannya. Gakkumdu sendiri terdiri atas Bawaslu, Kejaksaan Negeri Pacitan dan Polres Pacitan.

“Kami dari Gakkumdu itu menemukan, tetapi hasil dari interogasi dari kepada yang membawa dan yang menerima (sembako) ini, sopirnya juhga ditanya, toko juga didatangi belum mengarah ke sana (money politic), cuma menurut saya kayaknya cuma etika,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Berty mengatakan di masa tenang, pihak Gakkumdu melakukan patrol berkeliling melakukan pengawasan terkait potensi adanya pelanggaran Pemilu.

“Setiap malam kita pulang diatas jam 12 terus, untuk kita Patroli mengawasi itu,”tukasnya.

Terkait temuan pembagian sembako di malam hari tersebut, Berty mengatakan hal itu merupakan bantuan murni karena tidak ada bukti yang mengarah ke money politic.

“Cuma secara etika kami harapkan kalau bisa ini imbauan, karena ini di masa tenang, supaya sembako itu jangan dibagikan dulu cuman pembagian itu juga mohon maaf ya cuma etika tok, malam, tadi malam dan di masa tenang, imbauannya mbok jangan dibagi sekarang, setelah pencoblosan saja dan siang hari,”ungkapnya.

Namun demikian, Berty mengatakan ada kemungkinan dari tim paslon 1 untuk melaporkan secara resmi. “Kita tunggu aja. Kita dari Bawaslu laporan apapun yang masuk kita tindaklanjutim”tandasnya.

Terkait kasus pembagian sembako di malam itu, Berty mengatakan prosesnya berhenti. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada bukti lain akan dilanjutkan prosesnya.

“Kalau tadi malam kelihatan berhenti, tapi ada laporan, nanti ada proses kembali. Mungkin kan mereka punya bukti lain, apapun laporannya kita tetap proses,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Waduh, Ada Temuan Bagi-bagi Sembako Saat Masa Tenang Pilbup Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.