Debat ke-3 Pilbup Pacitan Usung Tema Memperkokoh NKRI Hingga Penyelesaian Persoalan Daerah

oleh -126 views
Media Ghatering KPU Pacitan yang digelar pada Rabu (2/12/2020) di Kantor KPU Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan kembali akan menyelenggarakan debat publik dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan tahun 2020.

Debat publik tahap ke-3 sendiri akan dilaksanakan pada Kamis (3/12/2020) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan.

Selain itu, KPU juga akan menyiarkan debat ke-3 tersebut secara langsung melalui laman YouTube KPU Kabupaten Pacitan, JTV Pacitan dan disiarkan secara relay melalui Pacitan Vision channel 01 dan 20, Radio Grindulu FM, radio Suara Pacitan FM dan radio Citra Buana FM.

Komisioner KPU Pacitan divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Iwit Widhi Santoso dalam keterangannya saat media ghatering, Rabu (2/12/2020) di kantor KPU pacitan mengatakan debat ketiga mengusung tema memperkokoh NKRI, penyelesaian persoalan daerah serta rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkotika.

Adapun yang akan bertindak sebagai moderator debat adalah Zanzabela.

“Untuk debat ketiga pelaksaan di lakukan di gedung DPRD Pacitan,”kata pria yang akrab disapa Wiwit Rowi ini.

Seperti dua edisi sebelumnya, jumlah peserta debat masih sama seperti debat sebelumnya, yakni maksimal 19 orang. Selain itu peserta juga wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Jumlah peserta masih tetap kita batasi dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga image di masyarakat dapat baik,”jelasnya.

Secara khusus, Wiwit juga mengucapkan terimakasih pada rekan wartawan yang telah mensukseskan kegiatan Pilbup 2020.”Kami juga mengucapkan terimakasih kepada rekan wartawan yang sampai saat ini membantu KPU sehingga tahapan debat dapat berjalan baik” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU telah melaksanakan debat edisi perdana pada Selasa (27/10/2020) lalu di Gedung Yayasan Bhakti Ibu (YABI) Pacitan dan debat edisi ke-2 pada Rabu (11/11/2020) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan.

Pada debat edisi pertama, saat itu tema yang diusung adalah “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Selanjutnya di debat edisi ke-2, KPU mengusung tema “Penyerasian Pembangunan di Kabupaten Pacitan dengan Nasional guna peningkatan pelayanan masyarakat dan kebijakan serta strategi penanganan COVID-19.”

Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Debat publik ini merupakan salah satu bagian dari masa kampanye Pilbup Pacitan yang sudah berlangsung sejak Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Editorial: Akankah Indrata-Gagarin Menang di Pilbup Pacitan? Ataukah Justru Mbois yang Unggul?