TNI AL Lakukan Karya Bhakti Program Renovasi Rutilahu Puluhan Rumah di Pacitan

oleh -1387 views
Program Rutilahu TNI AL di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN — Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) menggelar program karya bhakti renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di sejumlah titik di Kabupaten Pacitan.

Danpos TNI AL Pacitan Pelda Pom Rahmat Hidayat dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Sabtu (14/11/2020) mengatakan Karya Bakti TNI AL Rutilahu merupakan salah satu bentuk bantuan kegiatan sosial penanganan fakir miskin.

“Yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini TNI AL dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui renovasi kondisi rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding,”katanya.

Rahmat mengatakan, sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai, TNI AL berkoordinasi terlebih dahulu dengan Perangkat Desa Setempat dan meminta informasi maupun data tentang warga Desa yang tidak mampu.

“Selanjutnya kami langsung melaksanakan survey ke lokasi rumah warga sesuai dengan data yang telah Kami dapat yaitu Desa Kembang Pacitan 9 unit, Sukoharjo Pacitan 2 unit, Widoro Donorojo 10 unit, Kalak Donorojo 5 unit, Dersono Pringkuku 4 unit, jumlah 30 unit,”ujarnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan mulai 1 Oktober 2020 kegiatan Karya Bakti TNI AL Rutilahu dimulai awal di Desa Kembang, Desa Sukoharjo, selanjutnya Desa Widoro, Desa Kalak dan terakhir di Desa Dersono.

“Karya Bakti TNI AL Rutilahu adalah upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini TNI AL, dalam bentuk bantuan, kebijakan, program kegiatan pemberdayaan, pendampingan, serta fasilitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara,”jelasnya.

Selain dari Pihak anggota TNI AL sebagai pelaksana, Rahmat mengatakan dalam ini berpartisipasi mendukung membantu dalam pelaksanaan Kegiatan adalah Perangkat Desa setempat.

“Rangkaian kegiatan Karya Bakti TNI AL Rutilahu Kami awali dari proses pendataan rumah secara  langsung mendatangi lokasi, selanjutnya akan kita jelaskan kepada pemilik rumah tentang Kegiatan Karya Bakti TNI AL Rutilahu tersebut,”paparnya.

Apabila setuju, imbuh dia, maka pemilik akan membubuhkan tanda tangannya diatas kertas yang berisi tentang berita acara persetujuan pemilik rumah.

“Setelah itu akan dimulai pelaksanaan untuk pengerjaan Renovasi dimulai tahap demi tahap dari kondisi awal rumah sebelum di renovasi 0%, 25%, 50%, 75% sampai dengan 100% selesai di renovasi. Selama proses pengerjaan, seluruhnya dikerjakan oleh anggota TNI AL bersama Tim,”tandasnya.

Kegiatan Karya Bakti TNI AL ini merupakan kegiatan aktif yang dilaksanakan oleh TNI AL. Rahmat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Perangkat Desa dan masyarakat yang telah terlibat dan membantu dalam kegiatan ini.

“Sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun dan tepat mengenai sasaran kepada warga yang berhak untuk menerima bantuan tersebut,”pungkasnya.