Debat Publik Tahap ke-2, KPU Pacitan Usung Tema Penyerasian Pembangunan Hingga Penanganan Corona

oleh -1381 views
KPU Pacitan menggelar ghatering media pada Selasa (10/11/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan kembali akan menyelenggarakan debat publik dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan tahun 2020.

Debat publik tahap ke-2 sendiri akan dilaksanakan pada Rabu (11/11/2020) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan dan juga disiarkan secara langsung melalui laman YouTube KPU Kabupaten Pacitan.

Komisioner KPU Pacitan Iwit Widhi Santoso mengatakan sama seperti debat tahap pertama, pelaksanaan debat hanya diperbolehkan 19 undangan, dengan rincian, dua pasangan paslon, masing-masing tim kampanye 4 orang ditambah dua orang komisioner Bawaslu dan lima komisioner KPU.

Selain itu, tim perumus materi nantinya akan memasukkan materi debat ke dalam amplop dan di ambil masing-masing paslon.

“Untuk tema debat kedua adalah ‘Penyerasian Pembangunan di Kabupaten Pacitan dengan Nasional guna peningkatan pelayanan masyarakat dan kebijakan serta strategi penanganan COVID-19’,” papar pria yang akrab disapa Wiwit Rowi ini.

Selain itu, Wiwit mengatakan, untuk debat tahap ke-2 ini akan dibagi dalam 3 sesi sama dan segmen keempat berbeda. Misalnya, dimana paslon nomor urut dua yang bertanya terlebih dahulu dan ditanggapi.

“Durasi waktu debat juga tetap sama, dan layout nanti akan kita atur, adapun moderator dalam debat kedua adalah Dr. Agus Mahfud Fauzi, M. Si yang merupakan ketua pusat Studi perubahan sosial dan media di Universitas Negeri Surabaya (Unesa),”pungkas Komisioner KPU Pacitan divisi Sosdiklih Parmas dan SDM ini.

Sebelumnya, KPU telah melaksanakan debat edisi perdana pada Selasa (27/10/2020) lalu. Saat itu, tema yang diusung adalah “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Debat publik ini merupakan salah satu bagian dari masa kampanye Pilbup Pacitan yang sudah berlangsung sejak Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Ngopi #7: Pilbup Ditengah Pandemi, Apa Upaya KPU Pacitan Tingkatkan Partisipasi?