PAC GP Ansor Pacitan Gelar Istighotsah-Doa Bersama di Momen Hari Santri Nasional

oleh -13123 views
Peringatan Hari Santri Nasional oleh GP Ansor Pacitan, Kamis malam. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN –  Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Pacitan melaksanakan Istighotsah dan Doa Bersama serta Mahalul Qiyam dalam rangka Hari Santri Nasional 2020 serentak di 18 Ranting Ansor (Desa/Kelurahan) se-Kecamatan Pacitan pada Kamis (22/10/2020) malam.

Kegiatan ini adalah wujud dari komitmen Ansor dalam rangka mengemban, mengawal dan menjaga program-program Nahdlatul Ulama.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengajak serta para kader dan masyarakat untuk ngaji sejarah tentang Resolusi Jihad dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan peran kyai-santri di dalamnya.

“Sebenarnya ini adalah kegiatan yang kami programkan setahun yang lalu. Namun konsepnya bukan begini. Dulu, di awal ketika merencanakan hal ini kami berpikir untuk melaksanakan secara meriah dengan mengajak serta seluruh Ranting Ansor untuk bersama memperingati ini di Alun-alun Pacitan. Namun pandemi global covid-19 mengharuskan kami untuk merubah konsep tersebut,”kata Anas Sugianto, Ketua PAC GP Ansor Pacitan.

“Harapan kami, tahun ini peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan se-meriah mungkin namun kami juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Atas dasar tersebut, kami memerintahkan kepada Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor untuk mengkoordinasi masing-masing Ranting agar dapat melaksanakan kegiatan tersebut secara serentak,”imbuhnya.

Meskipun dilaksanakan secara terpisah dari masing-masing Ranting namun tidak mengurangi kemeriahan acara tersebut. Justru masing-masing Ranting Ansor dapat mengajak serta masyarakat untuk ikut berdoa dan  sholawatan dari lingkungan terdekat.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Pondok Tremas dan Dakwah Islam di Pacitan