Pemkab Pacitan akan Pelajari Potensi Mata Air Dalam Goa

oleh -13108 views
Goa Dawung Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akan mempelajari potensi mata air dalam goa di Pacitan. Hal itu sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekeringan yang kerap terjadi di Kabupaten berjuluk 1001 goa itu.

“Nanti akan kita pelajari lebih lanjut, semua potensi yang ada kita pelajari, apakah air ini bisa kita manfaatkan atau tidak, kita pelajari semua,”kata Bupati Pacitan Indartato, Selasa (20/10/2020) usai kegiatan rapat koordinasi pemukulan kentongan serentak di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Namun demikian, Indartato mengatakan untuk mempelajari kemungkinan adanya potensi mata air dalam goa itu, pihaknya mengacu terhadap aturan pendanaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Bupati Pacitan Indartato usai rapat koordinasi pemukulan kentongan secara serentak pada Selasa (20/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

“Tapi sebagaimana namanya Pemda, tentu pakai aturan, sehingga dananya harus sesuai aturan di dalam APBD,”tukasnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu komunitas Pacitan Speleologi Society (PSS) menemukan potensi mata air alami di sejumlah goa di Pacitan, utamanya di wilayah Pacitan barat.

Dua desa dengan penemuan dua mata air alami di dalam goa tersebut adalah Desa Dersono Kecamatan Pringkuku dan Desa Sekar, Kecamatan Donorojo.

Di Desa Sekar, Donorojo misalnya, ada Goa Dawung yang juga memiliki potensi air melimpah dalam goa. Bahkan air yang cenderung stabil itu bisa dimanfaatkan untuk pengairan di wilayah desa setempat.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Telusur Goa Dawung Donorojo, Sumber Mata Air Bawah Tanah