Paslon di Pilbup Pacitan 2020 Ucapkan dan Tandatangani Deklarasi Kampanye Damai

oleh -13125 views
KAMPANYE DAMAI. Kedua paslon Pilbup Pacitan menandatangani deklarasi kampanye damai pada Kamis (24/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan, yakni nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin dan nomor urut 2 Yudi Sumbogo-Isyah Ansori juga bersepakat deklarasi kampanye damai.

Kesepakatan tersebut disampaikan dalam dalam kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut di Pilbup Pacitan 2020 pada Kamis (24/9/2020) di Gedung Gasibu, Jalan A Yani Pacitan.

Kedua paslon dan para tim sukses yang hadir, dipandu oleh Ketua KPU Pacitan serta disaksikan oleh Bupati Pacitan, Komandan Kodim 0801/Pacitan, Kapolres Pacitan, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan, Ketua Pengadilan dan Ketua Bawaslu mengucapkan poin-poin deklarasi kampanye damai.

“Kami, pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan, bersepakat 1 siap mewujudkan pemilihan yang demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, bebas rahasia jujur dan adil,”kata Sulis Styorini yang diikuti oleh Paslon dan tim sukses masing-masing Paslon.

“Dua, siap melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi sara dan politik uang,”imbuhnya.

Yang ke-3, kedua pasangan calon siap mendukung sepenuhnya tindakan tegas apparat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. “4. siap menerima hasil pemilihan tahun 2020, 5. siap menang dan siap kalah dalam Pilbup Pacitan 2020,”jelasnya.

Kemudian, yang ke-6, siap melaksanakan protokol kesehatan pada setiap tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan 2020.

“Demikian deklarasi kesepakatan damai ini buat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab serta tanpa ada paksaan dari manapun,”imbuh Sulis Styorini yang diikuti kedua Paslon.

Usai mengucapkan deklarasi kampanye damai, kedua Paslon dan para saksi juga kemudian menandatangani kesepakatan deklarasi kampanye damai tersebut.

Kedua Paslon juga mendapatkan pengawalan pribadi dari Kepolisian Resor Pacitan selama tahapan Pilbup Pacitan 2020 yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan. Setelah penetapan Paslon dan pengundian nomor urut, tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan