Cegah Klaster Pilkada, Paslon di Pilbup Pacitan Tandatangani Pakta Integritas, Ini Isinya

oleh -1384 views
Paslon di Pilbup Pacitan saat mengikuti prosesi penandatanganan pakta integritas pada Kamis (24/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan, yakni nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin dan nomor urut 2 Yudi Sumbogo-Isyah Ansori menandatangani pakta integritas penerapan protokol kesehatan selama menjalani tahapan Pilbup Pacitan 2020 dari awal kampanye sampai hari pencoblosan.

Penandatanganan pakta integritas tersebut dilakukan kedua Paslon usai mendapatkan nomor urut masing-masing dalam kegiatan yang digelar pada Kamis (24/9/2020) di Gedung Gasibu, Jalan A Yani, Pacitan.

Pakta integritas tersebut berisikan perjanjian bahwa kedua paslon dapat menerapkan protokol kesehatan selama menjalani tahapan Pilbup,yang pembacaannya dipandu oleh Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini.

Tujuannya tak lain untuk memutus mata rantai Covid-19 alias menghindari adanya ancaman klaster baru atau klaster Pilkada.

“Kami Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020 dengan ini menyatakan: 1. mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam peraturan KPU nomor 6 tahun 2020 yang telah diubah dengan peraturan KPU nomor 10 tahun 2020 dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang,”kataSulis Styorini yang diikuti kedua Paslon.

“2. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan tahun 2020, 3. Menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku apabila melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19,”jelasnya.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan. Setelah penetapan Paslon dan pengundian nomor urut, tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan