Pos Kamladu Getol Razia Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Bagi Nelayan di Pacitan

oleh -3 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Kasus coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan, menjadi atensi serius semua pihak.

Bukan hanya dari unsur gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan, namun lintas sektor juga ikut peduli atas wabah yang menewaskan jutaan umat manusia di dunia tersebut.

Salah satunya seperti yang dilaksanakan unit Pos Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Pacitan. Mereka juga getol melakukan razia dikawasan pesisir pantai tehadap masyarakat, utamanya para nelayan yang belum disiplin dalam melaksanakan protokoler kesehatan penanganan COVID-19.

“Bagi yang kedapatan tidak memakai masker, langsung kami tindak dan diberikan hukuman ringan. Seperti push up misalnya,” kata Komandan Poskamladu Pacitan, Pelda Ede Totok Budiono, Rabu (16/9/2020).

Menurut Totok, begitu prajurit TNI AL ini akrab disapa, pemberian sanksi tersebut, diharapkan ada efek jera bagi para pelanggarnya. Mengingat sampai detik ini, sebaran COVID-19 kian meluas.

Bahkan disejumlah daerah, utamanya DKI Jakarta dan Surabaya, kasus virus SARS-CoV-2 terus bertambah.

“Untuk itu, kami tekankan agar masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir sebelum menyentuh mulut, hidung serta mata. Lain itu, pakailah masker saat melakukan interaksi sosial dan selalu jaga jarak fisik (physical distancing),” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan