Tiga Destinasi Wisata Pacitan Bersiap Menuju Fase Simulasi Pembukaan

oleh -13159 views
PRA SIMULASI. Kadisparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra saat mengecek kesiapan pra simulasi di Goa Gong,Selasa (15/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PUNUNG – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat sedang menyiapkan tiga destinasi wisata di Kabupaten Pacitan memasuki fase simulasi pembukaan.

Tiga destinasi wisata yang kini memasuki pra simulasi dan penyiapan menuju fase simulasi adalah Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, Goa Tabuhan di Desa Wareng Kecamatan Punung dan Pemandian Banyu Anget di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra, saat dikonfirmasi Pacitanku.com saat meninjau kesiapan pengelola obyek wisata Goa Gong menuju fase simulasi, Selasa (15/9/2020) di Desa Bomo, Kecamatan Punung membenarkan tiga destinasi wisata tersebut sedang dalam persiapan menuju ke simulasi pembukaan destinasi wisata.

“Jadi tiga destinasi wisata ini dipersiapkan masuk ke fase simulasi, tadi (Selasa, red) pagi kita mengecek pra simulasi di Goa Tabuhan, kemudian juga di Goa Gong, dan besok Kamis (17/9/2020) di Banyuanget di masa pra simulasi untuk persiapan masuk ke fase simulasi,”kata pria yang akrab disapa Andi ini.

Andi mengatakan, catatan-catatan kekurangan yang ada di masing-masing destinasi wisata tersebut bisa segera dipenuhi sehingga secepatnya tiga destinasi wisata tersebut memasuki fase simulasi.

“Catatan-catatan kekurangannya ini kan mereka (pengelola, red) harus menyiapkan, di tiga lokasi itu disepakati kapan mereka bisa memenuhinya, semakin cepat ya semakin cepat kita akan mengoreksi itu, tergantung hasil dari masing-masing destinasi, biasanya kita minta waktu 3 hari, 3 hari pertambahan, biasanya gitu,”jelas Andi.

Sebagai contoh, Andi menyebutkan di destinasi wisata Goa Tabuhan, masih ada rumah makan yang belum memiliki tempat cuci piring dengan aliran air yang mengalir.

“Di Goa Tabuhan, masih ada rumah makan yang belum ada cucian piringnya dengan air mengalir, itu ada yang belum tadi laporan yang ada ke saya seperti itu, mereka harus memenuhi, namun saya rasa tadi catatan di Goa Tabuhan tidak terlalu banyak, tiga hari bisa,”pungkasnya.

Sebagai informasi, sejak destinasi wisata Goa Gong, Goa Tabuhan dan pemandian Banyu Anget ditutup sejak Senin (23/3/2020) atau selama sekitar 6 bulan.

Pemkab Pacitan sendiri mulai membuka sejumlah obyek wisata di Pacitan, terhitung sebanyak 15 obyek  wisata di Pacitan telah dibuka per Jumat (28/8/2020) lalu, dengan rincian delapan diantaranya masuk fase uji coba dan tujuh lainnya masih tahap simulasi.

Adapun delapan destinasi wisata yang mengantongi sertifikat uji coba adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kemudian Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku, Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Selain pemberian sertifikat uji coba, Pemkab juga memberikan sertifikat rekomendasi fase simulasi untuk tujuh obyek wisata. Adapun tujuh obyek wisata yang memasuki fase simulasi itu adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Daftar 15 Obyek Wisata di Pacitan yang sudah Dibuka [Update 28 Agustus 2020]