Gagarin Beri Klarifikasi Terkait Proses Baiat di PWNU Jatim

oleh -13113 views
KLARIFIKASI. Bacawabup Gagarin didampingi Lancur Susanto saat berbincang dengan wartawan, Kamis (10/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Pacitan Gagarin menyampaikan klarifikasi seputar sejumlah isu yang menerpa dirinya. Utamanya terkait pasca baiat yang dilakukan oleh PWNU Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

“Setelah saya itu ada ketetapan dari induk partai saya DPP Partai Golkar, bahwa Golkar koalisi dengan Demokrat, akhirnya saya sebagai kader partai bagaimanapun juga harus mengikuti arahan, padahal sebelumny a jujur saya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai, PDIP, Nasdem, PKB, termasuk saya diundang oleh PWNU Jatim,”kata Gagarin, Kamis (10/9/2020).

Undangan PWNU Jatim tersebut, kata dia, adalah untuk diadakan baiat terkait dengan loyalitas kepada Nahdlatul Ulama (NU).

“Dan itu sudah saya lakukan yang isi baiatnya kurang lebih lebih sama seperti yang saya lakukan seperti selama saya jadi Dewan, jadi tinggal meneruskan dan tinggal meningkatkan,”tandas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pacitan ini.

Sehingga, terkait munculnya berita yang menyebutkan dirinya berbenturan dengan kiyai, Gagarin juga langsung melakukan langkah konfirmasi.

“Terkait dengan ada berita-berita yang menyatakan saya berbenturan dengan kiyai kan itu, melecehkan apa itu, melecehkan hasil baiat dari kiai PWNU Jawa Timur, itu sebenarnya pada waktu baiat itu saya sudah konfirmasi kepada sekretaris PWNU Jatim, bapak Profesor KH Zakki (Prof Akh Muzakki), disitu kami diperbolehkan, karena ini adalah baiat kepada keluarga NU lewat PWNU Jatim,”jelas Gagarin.

Dalam konteks hal itu, setelah ada berita semacam itu, dirinya menelepon Prof Zakki untuk membantu komunikasi dengan keluarga besar NU.

“Saya juga telepon kepada pak Prof Zakki, tolong kami kami dibantu mengkomunikasikan dengan keluarga besar NU Jatim khususnya Pacitan, bahwa yang saya lakukan itu adalah tidaklah melecehkan satu partai dan beliaunya mengiyakan karena memang lanjut saja, karena baiat ini adalah loyalitas kepada NU kan gitu,”papar dia.

Sedangkan, kata Gagarin, kader NU itu memang ada dimana-mana tapi harapannya jangan kemana-mana.

“Kan gitu harapannya seperti itu sebagai sekretaris PWNU Jatim. Sekaligus saya sampaikan hormat saya kepada para kiai-kai termasuk ketua PWNU Jatim yaitu bapak KH Marzuki Mustamar. Seperti itu. Jadi itu,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Blak-blakan Klarifikasi Gagarin Seputar Isu yang Berhembus di Pilbup Pacitan