Proses Pergantian Dua Pimpinan DPRD Pacitan Diperkirakan Butuh Waktu Agak Lama

oleh -1383 views
DPRD Kabupaten Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Proses pergantian dua pimpinan DPRD Pacitan, masih butuh waktu cukup lama. Diperkirakan, sampai akhir Oktober atau awal November nanti, baru bisa clear.

Anggota DPRD Pacitan dari Fraksi Partai Demokrat, Arif Setya Budi mengatakan, dua pimpinan DPRD Pacitan, yakni Indrata Nur Bayuaji yang saat ini menjabat Ketua DPRD dan Gagarin, wakil ketua DPRD, memang berencana maju sebagai calon bupati dan wakil bupati.

“Saat ini keduanya masih berproses hendak mendaftar ke KPU pada tanggal 4 nanti. Sehingga untuk pergantian kursi pimpinan tentu masih butuh waktu agak lama dari sekarang ini,” kata Arif, Rabu (2/9/2020).

Arif menjelaskan, merujuk Peraturan KPU yang ada, pengunduran diri hanya berlaku bagi anggota DPRD. Sedangkan untuk pimpinan tidak diatur di PKPU tersebut.

“Ya kita perkirakan nanti setelah ada penetapan calon dari KPU, baru proses pengunduran diri mereka diproses. Paling cepat perlu waktu 21 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut Arif mengatakan, justru agenda yang lebih dipercepat yaitu proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD. Baik dari Fraksi Demokrat maupun dari Fraksi Golkar. “Untuk PAW akan lebih dipercepat,” tegasnya.

Ditanya soal kandidat pengganti, anggota komisi I ini masih enggan mengungkapkan.

“Soal kandidat nanti sajalah,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan