Eko Setyoranu: Di Pacitan Banyak Warna, Masyarakat Harus Lebih Smart Tentukan Pilihan

oleh -1387 views
Ketua DPC PDIP Eko Setyoranu. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Hampir lima belas tahun sudah, Kabupaten Pacitan, dipimpin bupati dan wakil bupati yang dibesut Partai Demokrat.

Sejak awal kali pemilihan kepala daerah masuk dalam rezim kepemiluan, Pacitan sudah melahirkan pemimpin yang diusung partai berlambang bintang mercy, yakni H. Suyono berpasangan dengan HG Soedibyo.

Lima tahun kemudian, tongkat estafet kepemimpinan dilanjutkan Bupati Indartato bersama Wabup Suprayitno.

Selama satu dekade, mantan Kepala Bappeda Pacitan itu menjadi nahkoda kabupaten tempat kelahiran Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan sampai pada periode kedua, Indartato masih memimpin bersama Yudi Sumbogo.

Lantas, masihkah Partai Demokrat akan kembali menjadi pemenang dan menduduki tahta, di Pilbup 2020 ini?

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pacitan, Eko Setyoranu, menegaskan, Pacitan harus bisa lebih berwarna.

Karena itu, ganti warna merupakan tujuan yang harus diperjuangkan dalam proses demokrasi Pilbup 2020.

Sebab menurut dia, sistem demokrasi di negara ini bukanlah menganut sistem demokrasi terpimpin, yang hanya bisa “dikuasai” oleh salah satu partai politik.

“Di Pacitan ini banyak warna. Masyarakat harus lebih smart dalam menentukan pilihannya. Jangan sampai terjebak oleh kekuasaan salah satu parpol. Namun bagaimana di Pacitan ini bisa merubah warna agar proses demokrasi bisa lebih berwarna. Tetap jaga kerukunan, sebab hasil akhir dari proses demokrasi adalah demi kemajuan di Pacitan,” ujarnya, Jumat (31/7).

Eko menyadari, sudah hampir selama lima belas tahun ini, Pacitan dipimpin oleh kepala daerah yang diberangkatkan oleh salah satu parpol. Fenomena ini jauh berbeda dengan lembaga legislatif.

Dimana gedung parlemen selama ini penuh dengan warna.

“Proses pemerintahan berjalan dinamis dan sangat demokratis. Karena itu, untuk Pacitan yang lebih maju, sebaiknya mari kita berganti warna, agar pemerintahan bisa berjalan lebih demokratis sehingga tujuan akhir menciptakan daerah lebih maju lagi akan bisa terwujud,” harapnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan