Aji Berjanji Perhatikan Nasib Petani dan GTT di Pacitan, Bagaimana Caranya?

oleh -1389 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, berjanji akan lebih memperhatikan nasib petani, seandainya nanti bisa melenggang sebagai Bupati Pacitan dalam Pilbup tahun ini.

Menurut keponakan dari Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar petani di Pacitan bisa mendapatkan peluang untuk melakukan berbagai budidaya tanaman unggulan. Seperti halnya porang, misalnya.

“Saat ini kita sudah tidak bisa lagi mengandalkan cengkih. Karena itu, porang yang akan menjadi alternatif,” kata Indrata Nur Bayuaji, saat menghadiri acara silaturahmi dengan DPD PAN Pacitan, Rabu (29/7/2020).

Secara kebetulan juga, lanjut Aji, begitu politikus Demokrat ini akrab disapa, saat ini sudah terbentuk asosiasi petani porang, yang diketuai oleh Suwandi Suhendra, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PAN Pacitan.

“Sehingga nanti ketika saya diamanahi menjadi Bupati Pacitan, tentu langkah kami akan semakin mudah untuk lebih memberdayakan para petani. Apalagi ketua asosiasi petani porang dipegang sama Pak Suwandi, yang secara kebetulan juga anggota koalisi sembilan partai pendukung Nyawiji,” bebernya.

Selain akan meningkatkan taraf kesejahteraan petani, Aji juga berjanji akan lebih memperhatikan nasib guru tidak tetap (GTT). Apalagi saat ini di Pacitan masih ada sekitar 1.300 GTT, dengan penghasilan jauh dari layak.

“Masalah ini sejatinya sudah pernah kami bahas dengan pemkab. Salah satu poinnya, bagaimana honor mereka bisa dinaikan dari Rp 100 ribu menjadi Rp 500 ribu. Ya walaupun belum seberapa, namun setidaknya sudah bisa menjadi nilai tambah bagi para GTT,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan