Sambut Idul Adha, PDHI Pantau Kesehatan Hewan Kurban di Pacitan

oleh -13164 views

Pacitanku.com, PACITAN — Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) wilayah V Jawa Timur mengadakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan hewan kurban, Selasa (21/7/2020) kemarin.

Hal ini dilaksanakan guna mendukung pemerintah daerah dalam menyambut Idul Adha 1441 H. Berlokasi di Pasar Pon Pacitan, PDHI melakukan kegiatan tersebut bersama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan.

“Sekumpulan dokter hewan hadir dalam sebuah kegiatan yang spesial, dalam rangka menyambut momen hari raya kurban, mereka bersama-sama membuka posko khusus untuk pengecekan kesehatan, layanan pemberian vitamin dan obat cacing,”kata Ketua PDHI wilayah V Jawa Timur, Mahendra Setyo Hantoro kepada Pacitanku.com.

Menurut Mahendra, kegiatan ini bekerjasama dengan Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan guna terjadi gerak bersama yang lebih massif.

Mahendra mengatakan, semua pelayanan ini pun gratis dan sepenuhnya untuk peternak maupun penjual di pasar hewan.

“Pelayanan ini semua gratis ya, bagian dari pengabdian kami dan ikut serta dalam memastikan hewan kurban yang sehat, aman dan berkualitas,”paparnya.

Tak hanya pemantauan, Mahendra mengatakan dalam kegiatan yang berlangsung sampai siang kemarin juga dilakukan pendataan, sapi yang keluar masuk dalam kota, pembuatan SKKH serta juga ada pembagian obat cacing bolus secara gratis.

Sementara, Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kab Pacitan Alex Arizona berharap kedepan dokter hewan mampu untuk terus ikut andil dalam kegiatan pelayanan kesehatan hewan.

“Seperti ini, apalagi lalu lintas hewan ternak keluar kota juga tinggi,”tandasnya.

Pemerintah RI sendiri telah menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Agenda penyembelihan hewan kurban diperbolehkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan