Cerita John Vera Bertemu Kuntilanak di Kawasan Pantai Pancer Door

oleh -13912 views
John vera (kaos hitam) bersama Gus Fuad saat berada di Masjid Apung Pantai pancer Door. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN –  Pantai Pancer Door Pacitan, dikenal sebagai lokasi wisata pantai yang menyimpan banyak misteri. Lokasi pantai yang berdekatan dengan Pantai Teleng Ria ini, konon pada jaman Pemberontakan G/30 S/PKI silam, dikabarkan pernah dijadikan tempat pembantaian para pemberontak.

Maka tak ayal bila sampai saat ini, lokasi di kawasan pantai tersebut dikenal angker. Akan tetapi dibalik cerita menyeramkan itu, Pantai Pancer Door, konon juga pernah dijadikan sebagai lokasi pertapaan para raja dan para linuwih ketika itu.

Sebagai bukti petilasannya, masyarakat setempat banyak menyebut dengan “Watu Mejo”. Sebab beberapa abad silam, banyak para raja, termasuk cerita legenda Nyi Roro Kidul, dikabarkan juga sering melakukan semedi di tempat yang dibilang sangat sakral tersebut.

Dari sekilas cerita itulah, tak salah bila sampai hari ini pantai yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota itu, masih dianggap angker namun juga menjadi jujugan untuk melakukan ritual keagamaan.

Tak jarang masyarakat yang datang berkunjung saat malam hari, menjumpai penampakakan makhluk halus menyerupai kuntil anak. Seperti yang dialami salah seorang tokoh masyarakat, John Vera Tampubolon. Belum lama ini, ia mengaku sempat bertemu dengan sesosok makhluk misterius menyerupai kuntilanak.

John menceritakan, pada Selasa Kliwon (21/7/2020) kemarin, ia memang berniat datang ke masjid terapung yang ada di tepian Pantai Pancer Door. Saat itu jarum jam dipergelangan tangannya tepat menunjukkan pukul 01.30 WIB.

Dengan mengendarai Vespa bututnya, John dengan percaya diri, melaju menerjang semak belukar untuk segera sampai di tempat tujuan.

Namun tak disangka, saat melintas di kawasan bumi perkemahan, tiba-tiba ia melihat ada seorang wanita berambut panjang dan berpakaian serba putih.

“Jantung saya berdetak begitu kencangnya, ketika tiba-tiba muncul sesosok wanita di tengah semak belukar. Rambutnya panjang terurai dan memakai baju serba putih. Seketika saya menghentikan laju motor dan mengarahkan sorot lampu ke perempuan misterius itu,” kata pria yang juga sebagai Ketua Projo (Pro Jokowi) Kabupaten Pacitan ini, Kamis (22/7).

Perasaan John semakin tak karuan, ketika makhluk misterius yang dijumpainya di kawasan Pantai Pancer Door itu, tiba-tiba terbang dan sembunyi dibalik rerimbunan pohon. Sejurus kemudian lantas menghilang.

“Sontoloyo, rupanya makhluk tersebut kuntilanak. Mirip seperti yang  pernah saya lihat di film-film layar kaca. Saat itu saya langsung ngucapin salam, dan tancap gas,” cerita John mengenang peristiwa mistis yang pernah dialaminya itu.

Dari peristiwa gaib itu, John semakin yakin kalau di kawasan Pantai Pancer Door, memang tak bisa dibuat sembarangan. Karena itulah, tak salah bila salah seorang kyai kondang di Pacitan, mendirikan masjid terapung. Diharapkan dengan keberadaan masjid tersebut, masyarakat selalu ingat akan kebesaran Allah SWT, sebagai pencipta alam semesta ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan