PMII Pacitan Gelar Study Banding Produksi Pengolahan dan Budidaya Ikan

oleh -13138 views
PMII Pacitan saat melakukan study banding di Dinas Perikanan Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pacitan bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan  mengadakan kegiatan Study Banding. Kegiatan ini, berawal dari keinginan sahabat-sahabati yang ingin mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang produksi pengolahan dan budidaya ikan.

Kegiatan study banding ini meliputi pelatihan teknik budidaya ikan semi intensif dan pembuatan pakan pelet secara mandiri dengan menggunakan mesin pelet yang sudah disediakan.

Ketua PC PMII Pacitan Syahri, mengatakan dengan adanya kegiatan ini di harapkan para kader PMII Pacitan mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi agar mampu menangkap peluang  mengingat potensi di Kabupaten Pacitan yang cukup mendukung.

“Terutama dari segi hasil laut untuk usaha produksi pengolahan ikan maupun budi daya pembesaran ikan jenis  lele dan nila,”katanya, Kamis (16/7/2020).

Syahri mengatakan, masalah yang dihadapi para pembudidaya ikan ini rata-rata adalah masih terbatasnya pengetahuan, kreativitas , dan pengalaman dalam teknik budidaya, serta harga pakan pabrik yang cukup mahal sehingga jika di kalkulasi keuntungan yang didapat juga relatif kecil bahkan terkadang hanya balik modal saja.

“Selain itu faktor yang memengaruhi pembudidaya adalah modal yang terbatas, padahal usaha pembudidaya ikan mau tidak mau harus bisa memenuhi kebutuhan pangan. Dan Perlu diketahui bahwa biaya pakan merupakan komponen paling besar dalam usaha budidaya, yang bisa mencapai 70% dari biaya total usaha,”jelasnya.

Sementara, Jaedun, Pengawas Lapangan Dinas Perikanan  menyampaikan rangkaian kegiatan study banding ini sangat perlu sekali untuk para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan yaitu PMII karena ini adalah peluang besar untuk para mahasiswa agar bisa memanfaatkan sumber hasil laut yang sangat melimpah.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bidang olahan dan pembudidayaan ikan di Kabupaten Pacitan,”kata dia.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan