Sepi Job Manggung Karena Pandemi, Gitaris di Pacitan ini Bikin Live Musik Lewat Youtube

oleh -13389 views

Pacitanku.com, PACITAN – pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) hingga saat ini masih berlangsung.

Pembatasan fisik hingga pembatasan kegiatan di luar rumah pun masih berlanjut, namun hal ini tidak membuat beberpa orang putus semangat untuk tidak melakukan hal hal kreatif dari dalam rumah.
Seperti yang dilakukan oleh Aditya Rizky Romadhona.

Berawal dari kesukaanya bermain musik dengan mayor gitar, mengantarkan remaja usia 26 tahun ini keliling dari satu panggung ke panggung lainnya.

Bermain di beberapa cafe dan beberapa acara resepsi pesta adalah hal biasa baginya, bahkan aktifitas ini dia jadikan sebagai salah satu pekerjaan.

Akan tetapi, setelah ditetapkannya status Kabupaten Pacitan tanggap darurat COVID-19 pada bulan maret lalu, semua kegiatan dan job bermain musik Aditya langsung batal. Jadwal manggung rutin tiap minggu di beberpa cafe di Pacitan pun terhenti sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Batalnya beberpa jadwal tersebut sempat membuat pria yang akrab disapa Panjul merasa panik, sebab dia merasa proses bermusiknya terhenti.

Namun Panjul kemudian sadar, dirinya tidak boleh terus larut dalam suasana seperti ini.

“Iya drop juga. Jadwal saya dan grup akustik saya main kemudian batal semua. Panik mau ngapain. Tapi saya merasa tidak boleh begini harus terus berkarya. Yang dibatasi kan fiisk, bukan otak atau kreatifitas kita. Makanya saya harus berkreasi,”jelas Panjul, Jumat (5/6/2020).

Semangat untuk tetap berkarya Panjul, Akhirnya membuahkan hasil, beberapa lagu single beraliran pop rock alternatif berhasil dia ciptakan. Dan dirinya masih tetap bisa menunjukkan eksistensinya bermusik lewat youtube.

Beberapa lagu singgle panjul diunggah di Youtube dengan akun AR music official.
Hasilnya cukup luar biasa. Dalam waktu hanya 2 minggu, akun youtubenya sudah disubscribe oleh 6.820 orang.

“Ya gak nyangka dua minggu sudah sebanyak itu. Ada 4 lagu single sih. Jadi semangat. Saya tidak sendiri. Saya dibantu teman teman dekat saya untuk bikin video youtube ini. Mereka membuat mini studio, ambil gambar, edit, dan jadilah. Terima kasih buat teman teman,”ungkap panjul kepada pewarta.

Selain bermusik, keseharian Panjul adalah juga sebagai karyawan kontrak di lingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan. Dan di waktu luangnya, dirinya lebih asyik bermain gitar untuk menciptakan lagu.

“Apapun Kondisinya kita harus optimis. Gak boleh kendor. COVID-19 bukan halangan untuk berkarya. Justru dari sini kita ditantang untuk bisa lebih berkreasi. Tetap bergerak Walaupun fisik kita dibatasi. Masih banyak hal bisa dilakukan, dengan tetap perhatikan kesehatan. Ayo tetap semangat,”pungkasnya.

Kontributor: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan