Ratusan Nelayan Andon Berduyun-duyun ke Pacitan

oleh -13387 views
Ilustrasi nelayan di perairan Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Ilustrasi nelayan di perairan Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Animo kedatangan nelayan andon ke Pacitan, terus meningkat sejak Rabu (3/6/2020) kemarin.

“Sejak kemarin, dan hari ini banyak nelayan andon dari luar mulai berdatangan ke Pacitan. Hal ini dimungkinkan,  karena saat ini musim ikan di laut mulai datang,”ujar juru bicara gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab, Rachmad Dwiyanto, Kamis (4/6/2020).

Menurut informasi dari Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan, Kabupaten Pacitan, Sumorohadi, lanjut Rachmad, sedikitnya lebih 200 nelayan luar kota yang sudah masuk Pacitan.

Mereka berasal dari Pekalongan, serta beberapa dari di  Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Saat ini mereka di karantina mandri selama 14 hari di atas kapal. Pengawasan dilakukan oleh petugas dan masyarakat sekitar untuk menjalankan karantina dan menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Masyarakat diminta  tidak resah akan keberadaan mereka. Apalagi dalam waktu dekat ini pemerintah pusat akan melaksanakan tatanan new normal selama pandemi COVID-19 berlangsung.

“Diharapkan masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dan hidup bersih serta sehat. Tetap pakai masker dan jaga jarak bila berinteraksi sosial,”pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan