WFH dan WFO Menjadi Pemodelan Gugus Tugas Dalam Kinerja ASN di Tatanan New Normal

oleh -127 views
Rachmad Dwiyanto Jubir Satgas COVID-19 Pacitan. (Foto: Yuniari Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Para aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Pacitan, tak harus berbondong-bondong masuk kantor, saat tatanan new normal dilaksanakan pada 5 Juni nanti. Pemerintah masih memberlakukan fleksibilitas dalam kinerja.

Juru satuan gugus tugas bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, meski akan diberlakukan tatanan normal baru, namun gugus tugas masih memberlakukan pemodelan fleksibilitas kinerja bagi ASN.

“Tidak harus masuk kantor. ASN bisa melaksanakan work from home (WFH) atau fork from office (WFO) namun dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Disini fungsi pengawasan ASN juga semakin diperketat lagi,” ujarnya, Ahad (31/5/2020).

Selain itu, merujuk SE Menpan dan RB Nomor 58/2020, proses aduan masyarakat juga bisa disampaikan melalui sistem aplikasi.

“Karena itu kami tegaskan, untuk infrastruktur kita sudah siapkan. Ada aplikasi wadule, dan website pemkab,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Dan yang ketiga, lanjut Rachmad, mulai diberlakukannya tatanan new normal, setiap daerah akan diperketat masalah perjalanan dinas luar daerah ataupun dalam daerah.

“Jadi dalam SE Menpan tersebut juga mengatur masalah efisiensi biaya perjalanan dinas. Baik luar daerah maupun dalam daerah. Bahkan uang harian pejabat hanya dibatasi antara Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu, ketika melakukan perjalanan dinas,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan ini menegaskan, bagi masyarakat luas, utamanya mereka yang masih berusia dibawah 50 tahun, dipersilakan untuk kembali beraktifitas. Namun bagi mereka yang punya penyakit bawaan, agar tetap menjaga kondisi kesehatannya.

Lebih baik tetap tinggal dirumah, dan jangan bepergian kalau tidak ada kepentingan mendesak.

“Masyarakat lainnya kami tekankan agar selalu mengedepankan protokol kesehatan. Utamanya pakai masker saat keluar rumah dan beraktivitas,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan